Jumat 25 Aug 2017 19:32 WIB

YP Telkom Hadirkan Institut Teknologi Pertama di Jawa Tengah

Ketua MPR Zulkifli hasan memberikan orasi di hadapan mahasiswa baru Telkom University. Ilustrasi
Foto: mpr
Ketua MPR Zulkifli hasan memberikan orasi di hadapan mahasiswa baru Telkom University. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom (ST3 Telkom) Purwokerto sebagai sekolah tinggi telematika di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) resmi meningkatan statusnya menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Purwokerto. Peningkatan status diresmikan pada 21 Agustus 2017, melalui SK Menristek Dikti Nomor.446/KPT/I/2017. 

Ketua YPT, Dwi S Purnomo mengatakan, bahwa IT Telkom Purwokerto adalah Institut Teknologi pertama di Jawa Tengah. IT Telkom, sambungnya, menandai tonggak perkembangan pendidikan berbasis teknologi di Jawa Tengah.

“Sebagai perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dan didukung secara penuh oleh PT TELKOM,  IT Telkom Purwokerto hadir dengan delapan program studi untuk menyelenggarakan pendidikan berbasis ICT yang terdepan di area Jawa Tengah dan Yogyakarta," kata dia dalam keterangan pers, Jumat (24/8).

Dwi berharap kehadiran IT Telkom dapat membuat dunia pendidikan semakin berkembang. Dengan kekuatan pada penguasaan teknologi telematika dan informatika, kata dia, IT Telkom membekali mahasiswa dengan digital skill yang dibutuhkan industri dan masyarakat saat ini.

Dengan peningkatan status ini, IT Telkom Purwokerto juga semakin dekat menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Nasional dan siap menjadi Perguruan Tinggi berkelas Internasional. “Peningkatan status menjadi IT Telkom Purwokerto merupakan upaya untuk menjawab tantangan globalisasi, dimana pada era digital ini setiap lembaga pendidikan dituntut untuk mampu memenangkan persaingan di masa depan”, ujar Dwi. 

Dwi menambahkan saat ini persaingan di dunia pendidikan semakin ketat, untuk itu setiap lembaga pendidikan harus dapat memberikan kualitas layanan yang terbaik. “Setiap lembaga pendidikan di bawah Yayasan Pendidikan Telkom harus dapat menjawab tantangan di era globalisasi. Sehingga perubahan dengan meningkatkan status lembaga mutlak untuk dilakukan,” tegasnya.

Kedepannya Dwi berharap IT Telkom Purwokerto dapat terus berkembang dan menciptakan kemajuan untuk daerah sekitarnya. Awalnya lembaga ini bernama Akademi Teknik Telekomunikasi (Akatel) berdiri pada 31 Mei 2002, kemudian statusnya meningkat menjadi ST3 Telkom pada 20 Desember 2012, sekarang menjadi IT Telkom dan akan dipersiapkan menjadi Telkom University National Campus (TUNC) di Purwokerto. 

"Inilah bakti PT TELKOM untuk negeri, membangun bangsa melalui lembaga pendidikan yang didirikannya” pungkas Dwi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement