Selasa , 08 August 2017, 09:05 WIB

Akses Internet Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Red: Dwi Murdaningsih
telkom group
Perersmian BTS Telkomsel di Desa Ustutun, Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, Senin (7/8).
Perersmian BTS Telkomsel di Desa Ustutun, Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, Senin (7/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MALUKU -- Telkomsel meresmikan Base Transceiver Station (BTS) di Desa Ustutun, Pulau Liran, Maluku Barat Daya, Senin (7/8). Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Alex J. Sinaga berharap, tersedianya akses telekomunikasi di Pulau Liran mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Sesuai dengan hasil riset Bank Dunia pada 2015 bahwa pertumbuhan 10 persen akses internet di suatu negara, dapat meningkatkan perekonomian sebanyak 1,35 persen. "Sehingga, dengan hadirnya jaringan Telkomsel, kegiatan komunikasi antar masyarakat Indonesia dari satu pulau ke pulau lainnya diharapkan bisa berjalan dengan baik. Kami juga berharap, kehadiran TelkomGroup di Kabupaten Maluku Barat Daya ini dapat turut meningkatkan taraf perekonomian penduduk di sini,” kata Alex.

Telkomsel Resmikan BTS di Daerah Terluar Maluku

Peresmian ini dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Alex J. Sinaga, Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Selain meresmikan BLC dan BTS di Pulau Liran, dalam kunjungan kerja tersebut Menteri BUMN menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, renovasi perumahan, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan MCK, serta rehabilitasi perumahan guru.

Terlibat dalam kegiatan tersebut sejumlah BUMN, yakni Telkom, BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Kimia Farma, Pertamina, PLN, dan Taspen. Pembangunan di Pulau Liran juga diharapkan dapat terlaksana dengan optimal atas dukungan BUMN sektor transportasi dan logistik, yakni Pos Indonesia, Pelni dan ASDP.