Senin , 07 Agustus 2017, 07:33 WIB

Telkomsel Koneksikan 450 Mesin Parkir di Bandung

Red: Budi Raharjo
Mahmud Muhyidin
 Seorang warga membayar parkir di tempat mesin smartparking, Jalan Braga, Kota Bandung, Kamis (5/10).
Seorang warga membayar parkir di tempat mesin smartparking, Jalan Braga, Kota Bandung, Kamis (5/10).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung baru saja meresmikan penerapan layanan Terminal Parkir Elektronik sebagai salah satu solusi untuk mengatur perparkiran di Bandung. Menurut General Manager Sales Regional Jawa Barat Telkomsel, Agustiyono, sebagai operator penyedia layanan Telkomsel konsisten mengembangkan penerapan layanan broadband berbasis gaya hidup digital.

Salah satunya, memberikan dukungan ke Pemkot Bandung dengan menyediakan fasilitas untuk konektivitas sekitar 450 perangkat Parkir Elektronik agar terhubung dengan Command Center Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Bandung.

Agustiyono mengatakan, Kota Bandung terus berkembang menjadi salah satu kota yang menerapkan konsep gaya hidup Smart City berbasis Internet of Things dalam menghadirkan solusi masalah perkotaan. Termasuk, melalui program Terminal Parkir Elektronik yang baru saja diresmikan Pemkot Bandung.

"Kami sebagai penyedia layanan seluler dengan komunitas pelanggan terbesar di Indonesia terpanggil untuk memberikan dukungan fasilitas jaringan dengan teknologi terdepan guna memastikan perangkat Terminal Parkir Eeletronik terkoneksi dengan baik ke Command Center Dishub Kota Bandung," ujar Agustiyono dalam siaran persnya, Ahad (6/8).

Agustiyono mengatakan, komitmen sinergi bersama Telkomsel dan Pemkot Bandung dalam operasional layanan Terminal Parkir Elektronik ini nantinya juga akan dijajaki lebih lanjut untuk penggunaan layanan berbasis digital Telkomsel. Terutama, akses pembayaran Parkir Elektronik melalui layanan digital money Telkomsel TCASH yang akan diharapkan melengkapi pilihan pembayaran cashless yang sudah tersedia untuk Terminal Parkir Elektronik saat ini.

Telkomsel, kata dia, konsisten dalam mendukung pengembangan ekosistem (IoT) di kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya. Seperti, dengan menghadirkan layanan kampus untuk Universitas Padjajaran dan Telkom University serta menghadirkan keseruan transaksi digital TCASH di lingkungan Media Center saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Dukungan dari pemerintah daerah akan semakin menguatkan penetrasi layanan gaya hidup digital Telkomsel sehingga dapat memenuhi kebutuhan generasi milenial saat ini. "Telkomsel mengucapkan selamat kepada Pemkot dan masyarakat atas penerapan layanan Terminal Parkir Eelektronik ini," katanya.

Agustiyono berharap, layanan tersebut dapat menjadi solusi terpadu. Terlebih; dengan dukungan fasilitas jaringan terdepan dari Telkomsel yang sudah mencakup lebih dari 90 persen populasi di Kota Bandung serta ragam layanan berbasis digital yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi masyarakat Kota Bandung.