Jumat , 04 August 2017, 08:03 WIB

Padang Percepat Langkah Menuju Kota Cerdas

Red: Dwi Murdaningsih
Pixabay
Smart city (ilustrasi)
Smart city (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, mempercepat langkah menuju penerapan kota berbasis teknologi informasi dalam jaringan (daring) atau Kota Cerdas. "Sebagai bukti kongkret kami mulai menjajaki kerja sama dengan instansi bidang teknologi serta berkoordinasi dalam menerapkan sistem berbasis dalam jaringan di beberapa sektor," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Padang Suardi di Padang, Kamis (3/8).

Dia menyebutkan penguatan kerja sama telah dilakukan pemkot dengan PT Telkom dalam penyediaan jaringan internet gratis di beberapa kawasan kota. Sejauh ini, beberapa kawasan seperti di GOR Agus Salim dan tempat wisata sudah bisa diakses layanan gratis tersebut menyusul kemudian di lokasi lainnya.

"Sebelum ini pemerintah telah menerapkan sistem dalam jaringan di beberapa sektor," kata dia.

Bahkan beberapa tahun lalu di Padang telah ada komitmen antara satu dinas dengan lainnya untuk mengintegrasikan data. Hasilnya, kata dia, cukup baik sejauh ini seperti dalam pendataan bantuan sosial di Dinas Sosial. Ke depan gabungan dari pelayanan secara dalam jaringan ini akan dihimpun dalam satu pusat pengaturan atau "command centre".

"Dalam waktu dekat akan ada puskesmas elektronik ini akan mempermudah pelayanan kesehatan," tambahnya.
Selain bekerja sama dengan instansi, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi pusat dan provinsi.
Saat ini kata dia, pihaknya telah bertemu Dinas Kominfo Sumbar dalam rangka berkoordinasi terkait percepatan kota cerdas.
"Sejauh ini respon provinsi positif dan akan mendukung percepatan tersebut," kata dia. ***

Sumber : antara