Kamis , 03 August 2017, 17:08 WIB

Padang Perluas Akses Jaringan Internet Gratis

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Maman Sudiaman
Komputer lengkap dengan sambungan internet gratis
Komputer lengkap dengan sambungan internet gratis

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG --  Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat memperluas jaringan internet gratis bagi masyarakat di beberapa kawasan melalui kerja sama dengan PT Telkom. Titik utama yang akan dibuka akses "wifi.id" tersebut pada kawasan wisata seperti Pantai Muaro Lasaq, Pantai Cimpago dan kawasan wisata di pusat kota.

"Kami telah sepakat dengan PT Telkom untuk menambah jaringan 'wifi.id' gratis di sepuluh titik, saat ini sedang dalam pengerjaan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Padang Suardi, di Padang, Rabu (2/8).

Dia memperkirakan dalam waktu paling lama satu bulan pengerjaan di kawasan tersebut dapat rampung dan kemudian dipertimbangkan untuk berlanjut pada kawasan lainnya yang terdiri atas 11 kecamatan dan 104 kelurahan tersebut. "Kami ingin memberikan kemudahan dan kenyamanan wisatawan dalam mengakses informasi atau sekedar berbagi di media sosial," sebut dia.

Sejauh ini tambahnya Diskominfo telah berdiskusi dengan Telkom terkait internet gratis tersebut, di samping pembukaan akses di bidang lainnya. Di samping "wifi.id" ujar dia, pihaknya juga sedang mempercepat penerapan puskesmas berbasis elektronik di 22 unit pelayanan yang ada. Artinya bila sudah berjalan, warga bisa mengakses informasi tentang kebutuhan pemeriksaan dan obat dengan mudah.

"Semua ini bagian dari upaya Padang mempercepat menjadi kota pintar," katanya.

Sementara itu salah satu pedagang di pantai Padang Iskandar (31) mengatakan kebutuhan akses jaringan internet cepat cukup tinggi saat ini. Menurutnya bila terealisasi akses wifi.id di kawasan pantai akan memudahkan pedagang mengakses informasi secara cepat. Bisa saja kata dia, hal ini bisa memotivasi pedagang menciptakan produk yang lebih kreatif dengan memanfaatkan kemudahan mendapat jaringan tersebut.

"Tidak masalah meski wifi.id harus membayar namun aksesnya tidak terbatas akan banyak membantu," kata dia.

Sumber : antara