Senin , 31 Juli 2017, 19:03 WIB

Telkom Ajak Masyarakat Biasakan Jalan Kaki

Red: Qommarria Rostanti
Dok Telkom Indonesia
irektur Utama Telkom Alex J. Sinaga (keenam dari kiri) didampingi Direktur Human Capital Management Telkom Herdy R. Harman (keenam dari kanan) saat finish FUN Walk dalam acara TelkomGroup Family FUNtastic Day di Jakarta (30/7).
irektur Utama Telkom Alex J. Sinaga (keenam dari kiri) didampingi Direktur Human Capital Management Telkom Herdy R. Harman (keenam dari kanan) saat finish FUN Walk dalam acara TelkomGroup Family FUNtastic Day di Jakarta (30/7).

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk (Telkom) meluncurkan gerakan #AyoBerjalan dengan tema Melangkah Ceria Sehatkan Raga. Kegiatan tersebut dihadirkan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Telkom ke-52 sekaligus memperingati Hari Anak Nasional.

Kegiatan itu juga dimaksudkan untuk menggugah minat masyarakat untuk membiasakan berjalan kaki. Telkom telah memulai program tersebut dari pihak internalnya melalui kegiatan jalan santai sejauh 5,2 kilometer pada Ahad (30/7).

Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy R Harman, mengatakan program #AyoBerjalan merupakan inisiatif Telkom untuk mengingatkan masyarakat bahwa berjalan kaki merupakan bagian dari pola hidup sehat dan merupakan olahraga murah yang dapat dilakukan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Gerakan ini terinspirasi oleh beberapa publikasi ilmiah yang menempatkan masyarakat Indonesia pada urutan terbawah penduduk dengan rata-rata langkah setiap harinya.

Survei Stanford University menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang paling jarang berjalan kaki, yaitu rata-rata 3.512 langkah per hari, sementara rata-rata 111 negara di dunia adalah 4.961 langkah per hari.

Kondisi tersebut jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan hidup yang tidak sehat bagi generasi penerus. "Padahal, kebiasaan berjalan kaki dan berolah raga dapat meningkatkan mood positif seseorang. Berjalan kaki juga berdampak terhadap peningkatan kreativitas, imajinasi, wawasan dan produktivitas,” ujar Herdy dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (31/7).

Kegiatan FUNtastic Day juga merupakan refleksi Telkom di tengah perkembangan informasi teknologi komunikasi dan teknologi dari masa ke masa. Di usianya ke-52, Telkom bertekad meningkatkan pengabdian, menghadirkan kemudahan bagi masyarakat melalui produk dan layanan telekomunikasi digital, serta berbagai kegiatan tanggung jawab sosial sebagai wujud bakti kepada bangsa.

“Namun kemudahan dalam bentuk layanan teknologi yang Telkom berikan jangan sampai menjadi suatu keburukan bagi masyarakat seperti malas melakukan aktivitas di luar ruangan ataupun berjalan kaki," kata dia.

Untuk itu, Telkom merasa perlu mendorong gerakan yang mengajak masyarakat melalui olahraga sederhana yang diinisiasi oleh karyawan TelkomGroup dan keluarga melalui kegiatan FUNtastic Day.

Pada kesempatan yang sama, TelkomGroup juga mengajak masyarakat bergerak membantu masyarakat lain yang membutuhkan melalui penyerahan bantuan. Misalnya saja pembangunan 52 jembatan penyebrangan di daerah-daerah pelosok, pemberian bantuan bagi sekolah-sekolah yang fasilitasnya sudah tidak layak, yayasan dan komunitas anak-anak putus sekolah dan tunawisma, serta panti sosial. Telkom berharap bantuan tersebut dapat mendorong mereka untuk terus bergerak menuju impian mereka. “Semua ini merupakan persembahan Telkom Indonesia untuk Anak Indonesia dalam semangat Hari Anak Nasional,” ujar Herdy.