Ahad 30 Jul 2017 18:59 WIB

Tim Indonesia Sabet Medali Perak di Kejuaraan Robotik Dunia

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Qommarria Rostanti
Telkom Indonesia mendukung remaja penggiat robot mengikuti  First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 yang diselenggarakan di Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada 14 hingga 18 Juli 2017.
Foto: telkom
Telkom Indonesia mendukung remaja penggiat robot mengikuti First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 yang diselenggarakan di Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada 14 hingga 18 Juli 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Robotik Indonesia, Tim Never Before, berhasil meraih medali perak dalam ajang kejuaraan robot internasional First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017. Tim diwakili oleh 10 orang siswa dari Madrasah Aliyah Technonatura.

Kompetisi yang dilaksanakan 16 hingga 18 Juli 2017 lalu di Washington DC, Amerika Serikat, ini diikuti oleh 160 negara. Ajang tersebut merupakan kejuaraan robot terbesar di dunia.

Kepala sekolah Madrasah Aliyah Technonatura Depok, Tras Rustamaji mengatakan, teknologi merupakan bagian dari kurikulum Science Technology Engineering Art Mathematics (STEAM) di sekolah. "Ini dimulai dari tingkat sekolah dasar," ujarnya dalam siaran persnya, Ahad (30/7).

Tema kejuaraan robotik tahun ini Access To Clean Water yang merupakan satu dari 14 tantangan global dengan cara pemilahan air bersih dan air kotor secara otomatis yang disimulasikan dengan dua bola yang berbeda warna yaitu biru untuk air bersih dan oranye untuk air limbah. Robot yang diciptakan siswa harus mampu menyalurkan air bersih dan air kotor ke tempat semestinya secara akurat dan cepat. Robot juga harus mampu menyelamatkan dirinya saat terjadi air bah atau banjir.

Tim Never Before membuat robot yang diberi nama WowWi dengan dua fitur spesial yakni smart robot locator dan inertia measurement unit (IMU) yang mengarahkan motor untuk menembakkan bola secara tepat sasaran. WowWi juga dilengkapi dengan turret yang berputar dan naik turun yang membentuk sudut untuk mendapatkan elevasi yang diinginkan. Kemampuan ini membuat juri kagum dan memberikan nilai tinggi bagi WowWi.

Kehebatan Tim Never Before terlihat ketika harus beradaptasi dengan sistem android studio yang baru pertama kali mereka gunakan untuk memprogram robot yang dikontrol melalui remote yang terhubung via wifi.

Vice President Corporate Communication PT Telkom, Arif Prabowo mengatakan, dengan kemenangan ini Telkom optimistis bahwa Indonesia dapat menjadi tuan rumah olimpiade robotik pada 2021. Dukungan Telkom terhadap Tim Never Before, kata dia, membuktikan pihaknya serius membina dan memotivasi generasi milenial sebagai inventor internet of things (iot) masa depan dalam hal inovasi dan teknologi.

Inisiatif ini sekaligus sebagai momen bagi Telkom untuk mengukuhkan diri menjadi perusahaan Digital Telco Indonesia yang sedang fokus menggarap dan mengembangkan iot. "Robot atau mesin pintar merupakan salah satu perangkat yang sangat diperlukan dalam layanan iot yang dapat melakukan berbagai pekerjaan secara otomatis, akurat, dan cepat," kata dia.

Iot sendiri merupakan fondasi kemajuan teknologi yang memungkinkan terhubungnya berbagai perangkat yang diprogram untuk bekerja secara otomatis. Misalnya, kendaraan bermotor, akses pengamanan rumah, remote control dan sensor, pagar rumah dan lainnya melalui koneksi internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement