Jumat 28 Jul 2017 10:55 WIB

Telkom dan Fujitsu Kembangkan Solusi Digital Berbasis IoT

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
EGM Telkom Divisi Digital Service Arief Musta’in
EGM Telkom Divisi Digital Service Arief Musta’in

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Telkom Indonesia melalui Divisi Digital Servicenya dan Fujitsu Limited menandatangani nota kesepahaman, belum lama ini. Kerja sama ini dilakukan untuk bersama-sama mengeksplorasi solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) serta menciptakan bisnis digital yang memanfaatkan infrastruktur jaringan tingkat lanjut di Indonesia.

"Solusi tersebut meliputi berbagai bidang, termasuk di antaranya pengembangan pembangunan kota cerdas (smartcity), bidang kesehatan, manufaktur dan logistik," ujar Menurut EGM Telkom Divisi Digital Service, Arief Musta’in,  dalam siaran persnya, Jumat (28/7).

Penandatanganan kerja sama, dilakukan oleh EGM Telkom Divisi Digital Service, Arief Musta’in dan Corporate Executive Office SVP, Head of social infrastructure Business Fujitsu Limited, Fumihiko Tezuka dan turut dihadiri oleh Odi Handoko, Managing Director Fujitsu Indonesia.

Dalam nota kesepahaman ini, Telkom dan Fujitsu, melalui Fujitsu Indonesia, akan melakukan riset pasar, membuat perencanaan dan melakukan peninjauan terhadap solusi-solusi digital yang memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan. Kemudian dari hasil yang didapat, keduanya akan bersinergi melakukan pengembangan, verifikasi, dan penciptaan bisnis-bisnis digital baru berbasis IoT.

“Saat ini Telkom mengelola 6 produk portofolio," katanya.

Keenam produk portofolio itu, adalah mobile dengan pelanggan lebih dari 160 juta, fixed voice dan fixed broadband, wholesale dan international dengan kantor representatif di 10 negara, network infrastructure, enterprise dari mulai UKM sampai multinational company dan consumer.

Arief mengtakan, semakin umumnya penggunaan smartphone dan perkembangan jaringan broadband yang memungkinkan komunikasi berkapasitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir, telah menyebabkan peningkatan tajam penggunaan internet di Indonesia. Hal itu, memungkinkan diimplementasikannya solusi digital berbasis IoT di berbagai bidang di Indonesia.

Sementara Fumihiko mengatakan, Fujitsu dengan pengalaman bisnis 80 tahun di bidang informasi dan teknologi komunikasi (ICT) di lebih dari 100 negara dapat menularkan pengalamannya untuk mensolusikan berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia berbasis teknologi IoT. Apalagi, proses digitalisasi masyarakat di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement