Rabu 05 Jul 2017 16:16 WIB

Pemprov Sulbar Gandeng Telkom Tingkatkan Layanan TI

Layanan keuangan digital (ilustrasi)
Foto: ICET.ORG
Layanan keuangan digital (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) bekerja sama dengan PT Telkom untuk membangun tata kelola pemerintahan yang transparan dan profesional berbasis teknologi informasi (TI). Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar belum lama ini mengatakan di era perkembangan ilmu pengetahuan modern saat ini, komunikasi dan teknologi merupakan tulang punggung yang telah menjadi kebutuhan dasar perkantoran dan administrasi, baik di daerah maupun di dunia.

Ia mengatakan kawasan perkantoran Gubernur Sulbar mulai mampu melakukan perkembangan di era kemajuan, terutama di bidang teknologi informasi karena telah tersedianya fasilitasi peralatan yang canggih. Namun dalam penggunaannya masih butuh ditingkatkan dan dimaksimalkan.

"Berdasarkan pengalaman saya sebagai bupati Kabupaten Polewali Mandar dua periode, banyak penawaran kerja sama dari pihak swasta yang ingin membantu pemerintah daerah, tetapi dalam penerapannya kurang efesien disebabkan pengoperasian aplikasi TI tidak mampu dijalankan pemerintah karena terbatasnya sumber daya," katanya.

Sehingga, lanjut dia, ketika teknisi perusahaan tidak ditempatkan untuk mengoperasikan peralatan yang telah dibangun, maka sistem pengoperasian tidak dapat berjalan lagi, dan itu diharapkan tidak terjadi di Provinsi Sulbar.

"Ini berlaku juga di kabupaten yang lain banyak penawaran kerja sama penerapan aplikasi TI, tetapi tidak mampu dioperasikan," katanya.

Oleh karena itu, kata Ali Baal, dengan kerja sama PT Telkom dapat menjadi solusi dalam memaksimalkan pemanfaatan TI dalam pelayanan pemerintahan dengan menyiapkan sumber daya yang mampu mendukung lancarnya urusan pemerintahan.

Sementara Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar Ismail Zainuddin juga berharap agar kerja sama Pemerintah Provinsi Sulbar dengan PT Telkom dapat memiliki sistem pelayanan yang cepat dan akurat, demi mempercepat kinerja pemerintah yang transparan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement