Selasa , 03 Oktober 2017, 07:52 WIB

Akan Seperti Ini Timnas Spanyol Andai Katalunya Merdeka

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
EPA/SERGEY DOLZHENKO
Timnas Spanyol
Timnas Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Keinginan Katalunya untuk berpisah dari Spanyol dipastikan akan menimbulkan banyak dampak, tak terkecuali di lapangan hijau. Timnas Spanyol akan kehilangan sejumlah sosok yang selama ini membantu La Roja disegani di pentas sepak bola dunia.

Sebaliknya, Katalunya akan punya tim yang tak kalah menjanjikan andai benar-benar berdiri menjadi negara sendiri dan masuk sebagai anggota baru FIFA.

Tak sedikit wakil dari Katalan menduduki posisi penting di skuat utama timnas Spanyol. Gerard Pique, Sergio Busquets, Cecs Fabregas, Jordi Alba, dan Marc Bartra adalah nama-nama yang masih menjadi pilihan di La Roja hingga sekarang.

Dikutip dari Sky Sports, Selasa (3/10), kira-kira akan seperti ini susunan pemain timnas Spanyol tanpa dukungan pemain asal Katalunya:

Formasi 4-2-3-1

David De Gea; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Nacho Iglesias, Cesar Azpilicueta; Saul Niguez, Andres Iniesta; Marco Asensio, Isco, David Silva; Alvaro Morata

Dari formasi tersebut, skuat timnas Spanyol masih tampak kuat dengan kehadiran para pemain non-Katalan. Masuknya Nacho memang belum bisa dianggap sebagai pelapis setara untuk Pique. Tapi nama-nama besar seperti Azpilicueta, Saul, dan Asensio, bakal menjadi pengganti sebanding bagi kepergian Alba, Busquets, dan Fabregas.

Belum lagi, timnas Spanyol punya pemain pentolan dari Barcelona yang merupakan klub kebanggaan Katalan, yakni Iniesta. Meski mengabdi lama untuk Barcelona bahkan kini berstatus kapten tim, Iniesta sejatinya bukanlah orang Katalan. Sosok 33 tahun ini berasal dari Fuentealbilla. Lokasi kampung halamannya ini berjarak 473 kilometer dari Katalunya.

Sementara itu, ini susunan pemain timnas Katalunya dengan formasi 4-3-3:

Kiko Casilla; Aleix Vidal, Marc Bartra, Gerard Pique, Jordi Alba; Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Cecs Fabregas; Gerard Deulofeu, Gerard Moreno, Cristian Tello.

Dari posisi kiper hingga ke gelandang, timnas Katalan tampak punya komposisi yang kuat. Namun, untuk pengisi posisi penyerang, yang diisi Deulofeu, Moreno, dan Tello, tentu masih jauh kualitasnya dibanding Morata, Silva, dan Asensio di kubu timnas Spanyol.

Berita Terkait