Jumat , 05 May 2017, 23:15 WIB

Iniesta Kembali Bisa Dimainkan Barca

Red: Andri Saubani
P Photo/Daniel Tejedor
Andres Iniesta
Andres Iniesta

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA – Pemuncak klasemen La Liga, Barcelona mendapat dorongan semangat dengan kembalinya kapten Andres Iniesta untuk pertandingan yang harus mereka menangi saat melawan Villarreal akhir pekan ini. Villarreal dikenal sebagai tim yang memiliki kebiasaan merepotkan tim-tim papan atas Spanyol pada musim ini.

Gelandang Iniesta absen saat timnya menang atas Osasuna dan Espanyol karena cedera otot. Namun, pelatih Luis Enrique mengonfirasi bahwa pemain 32 tahun itu bugar untuk bermain pada Sabtu (6/5), ketika Barca bertekad mempertahankan keunggulan mereka atas Real Madrid di puncak klasemen.

Juara bertahan Barca memuncaki klasemen berkat keunggulan catatan head to head mereka atas Real meski tim ibu kota, juga mengoleksi 81 angka. Namun, Madrid memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan saat mereka berupaya menjuarai liga untuk pertama kalinya sejak 2012.

Villarreal menghuni peringkat kelima dengan 63 angka dan telah memenangi lima dari enam pertandingan terakhirnya. Pasukan Fran Escriba bermain imbang 1-1 di markas Real Madrid pada September untuk menghentikan laju 16 kemenangan beruntun mereka di liga, dan sempat unggul 2-0 atas pasukan Zinedine Zidane pada Februari sebelum kalah 2-3.

Hanya tendangan bebas menjelang pertandingan usai dari Lionel Messi yang menggagalkan Villarreal meraih kemenangan atas Barca pada Januari, memaksa pertandingan berakhir imbang 1-1. Mereka merupakan satu-satunya tim di liga musim ini yang memenangi kedua pertandingan liga melawan Atletico Madrid dan dua kali menahan imbang tim peringkat keempat Sevilla. “Saya tidak hanya fokus pada hal itu (rekor mereka saat melawan tim empat besar) namun pada apa yang mereka lakukan sebagai tim,” kata Enrique, Jumat (5/5).

Sumber : Antara/Reuters