Selasa , 19 April 2016, 09:12 WIB

Capello: Barcelona Butuh Seorang Kapten

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Damanhuri Zuhri
AFP/Lluis Gene
Para pemain Barcelona
Para pemain Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Fase terburuk FC Barcelona musim ini lantaran dikatakan kurangnya sosok pemimpin dalam skuat inti. Mantan pelatih Real Madrid Fabio Capello menilai kepelatihan Luis Enrique saat ini membutuhkan seorang pemain dengan kapasitas memimpin yang baik.

Menurut Capello, kandasnya Blaugrana dalam beberapa pertandingan terakhir di La Liga Spanyol dan Liga Champions menjadi catatan paling buruk klub tersebut sejak musim 2003.

"Barcelona membutuhkan pemain-pemain seperti Carles Puyol," ujar Capello, seperti dilansir Espana Football, Selasa (19/4).

Menurut mantan pelatih tim nasional Rusia itu, Puyol adalah contoh pemain dengan moralitas yang tinggi, baik di lapangan maupun di ruang ganti. Namun, tak jarang juga, dikatakan Capello, Puyol berani mengencangkan urat lehernya sebagai teguran atau penyemangat rekan-rekannya di lapangan.

"Aku percaya masalah Barcelona saat ini karena tidak adanya lagi pemain-pemain mereka yang seperti Puyol," sambung Capello menjelaskan.

Barcelona mengalami mimpi buruknya di penghujung musim tahun ini. Sempat membuat jarak sampai 10 dan 11 poin dengan rival terberatnya, Real Madrid dan Atletico Madrid di papan klasemen di pertengahan musim ini. Namun, sampai dengan pekan ke-34 La Liga, jarak ketiga klub tersebut hanya terpaut satu poin.

Meskipun, Barcelona masih berada di puncak klasemen, dengan 76 poin, tetapi nilai itu sama dengan yang dimiliki Atletico Madrid. Selama sebulan ini, Barcelona mengalami kekalahan tiga kali di La Liga.

Terakhir dipaksa malu saat menjamu Valencia dengan skor 1-2. Kondisi Barcelona semakin suram setelah terlempar dari Liga Champion setelah dikandaskan Atletico Madrid dengan skor agregat 3-2.