Saturday, 25 Zulqaidah 1435 / 20 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bintang Barca Ini Berpuasa Selama Ramadhan

Monday, 16 July 2012, 00:30 WIB
Komentar : 1
REUTERS
Ibrahim Afellay bersama Ibunya, Habibah dan kakaknya Ali
Ibrahim Afellay bersama Ibunya, Habibah dan kakaknya Ali

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA - Gelandang Barcelona Ibrahim Afellay merupakan pesepakbola berbakat.

Pemain keturunan Maroko ini memiliki kemampuan mengolah bola yang mampu menghipnotis pecinta sepak bola. 

Meski begitu, Afellay yang pada kenyataannya adalah seorang Muslim dikenal taat terhadap agama. 

Tak salah, Afellay pernah dinobatkan sebagai seorang Muslim teladan di Belanda alias 'Moslim Van Het Jaar'. Penghargaan itu tidak diberikan pada sembarang orang.

Dalam laman wijblijvenhier.nl, disebutkan salah satu faktor yang membuat mantan penggawa PSV Eindhoven ini dipilih karena usianya yang masih muda. Diharapkan, Afellay mampu membangun citra Muslim taat di kalangan remaja.

Dalam kesehariannya, Afellay memang dikenal sebagai seorang anak yang saleh. Saat masih bermain di Eredivisie Belanda, di setiap bulan suci Ramadan tiba, ia tetap berpuasa. Tentang berpuasa saat kompetisi, Afellay bertutur, "Saya berpegang pada keyakinan saya secara taat. Tidak masalah betapa sulitnya ini." 

Afellay berpendapat, agama tetap nomor satu, bahkan melebihi sepak bola. Dengan berpegang teguh pada agama, ia berharap bisa mendapatkan hasil terbaik dalam kariernya. "Itu memberikan saya sebuah perasaan positif," ujar penghuni tim nasional Belanda ini 

Di banding liga top Eropa, dunia sepak bola Belanda cenderung merespons positif terhadap keinginan pemain Muslim yang ingin melaksanakan puasa. Puluhan pemain Islam ambil bagian dalam kompetisi Belanda, kebanyakan dari mereka dengan latar belakang Maroko. 

Klub-klub tidak mencegah para pemain dari mengamati pembatasan Ramadhan. Beberapa bahkan mencoba untuk beradaptasi jadwal pelatihan mereka sesuai. 

Pada tahun 2007, PSV Eindhoven mengadakan seminar tentang "olahraga di Ramadhan" dengan pemateri ulama, dokter, dan dokter spesialis yang mengupas fisik pemain yang memilih berpuasa di tengah ketatnya jadwal pertandingan. 

Reporter : Erik Purnama Putra
Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : wijblijvenhier.nl
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)((QS ar-Rum: 41))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar