Selasa, 27 Zulhijjah 1435 / 21 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Xavi: Mourinho tak Bakal Dicatat Sejarah

Selasa, 03 Juli 2012, 13:56 WIB
Komentar : 5
Xavi Hernandez
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Usai pulang dari medan perang di Piala Eropa 2012, perang urat saraf antara pemain Barcelona dan Real Madrid kembali terjadi. Kali ini datang dari playmaker Timnas Spanyol, Xavi Hernandez yang melontarkan sindiran kepada pelatih Madrid, Jose Mourinho.

Menurut Xavi, Mourinho tidak akan dicatat dalam sejarah sepak bola. Gelandang El Barca itu beralasan, pelatih asal Portugal tersebut tidak sebanding dengan Josep Pep Guardiola, mantan pelatih Barca.

"Mourinho tak akan dicatat dalam sejarah sepak bola," sebut jenderal lapangan tengah 32 tahun itu pada Canal+.

Alasan Xavi bisa diterima. Pasalnya, selama empat tahun menahkodai Lionel Messi dkk, Guardiola mengukir prestasi fantastis. Empat belas tropi disumbangkan Guardiola ke lemari piala Barca, menjadi bukti shahih kehebatan Guardiola. Pujian pun mengalir kepada pelatih 41 tahun itu karena mampu menanamkan filosofi sepak bola di Camp Nou.

Sementara Mourinho baru mampu merampas gelar La Liga Spanyol dari tangan Guardiola musim lalu sejak kedatangannya pada 2010. Kendati demikian, Xavi menilai Mourinho akan selamanya berada di bawah bayang-bayang Guardiola.

"Bagi saya yang terbaik adalah Guardiola. Dan dalam empat tahun memimpin Barca, ia telah merevolusi sepak bola," puji Xavi yang baru saja mencetak sejarah dengan membawa Spanyol sebagai negara pertama yang memertahankan gelar Piala Eropa.

"Sebagai contoh, Chelsea boleh menjuarai Liga Champions tahun ini, namun Barca tetap menjadi acuan dalam dunia sepak bola."

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Canal +
“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya….”(QS An-Nahl: 91)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
SBY: Twit Saya yang Terakhir Kepada Para Followers
JAKARTA -- Jelang serah terima jabatan, Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan salam perpisahan melalui akun twitter miliknya, Senin (20/10).  Dalam tweetnya, SBY beserta Ani...