Sabtu, 25 Zulqaidah 1435 / 20 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inilah Enam Pemain Muslim yang Membawa Madrid Juara

Jumat, 11 Mei 2012, 20:40 WIB
Komentar : 0
AP Photo/Alvaro Barrientos
Sami Khedira (kiri) dan Mezut Ozil (kanan), dua dari enam pemain muslim yang membawa Real Madrid Juara La Liga 2011/2012
Sami Khedira (kiri) dan Mezut Ozil (kanan), dua dari enam pemain muslim yang membawa Real Madrid Juara La Liga 2011/2012

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Arsitek Real Madrid Jose Mourinho mengukir banyak prestasi bagi timnya musim ini. Berbagai rekor baru diciptakan Los Blancos di kancah La Liga Spanyol. Namun tidak bisa dimungkiri kalau kesuksesan Madrid musim ini juga berkat kontribusi besar para pemainnya.

Di antara pemain yang rutin mengisi line up, tiga di antaranya merupakan Muslim. Mereka adalah striket Karim Benzema, gelandang Mesut Ozil dan Sami Khedira. Peran tiga pemain itu sangat penting bagi kesuksesan Madrid dalam meruntuhkan kedigdayaan Barcelona yang tiga musim terakhir meraih juara La Liga Spanyol.

Di luar tiga pemain Muslim tersebut, terdapat tiga pemain Muslim lainnya yang menjadi penghuni bangku cadangan Madrid. Mereka adalah Lassana Diara, Nuri Sahin, dan Hamit Altintop. Berikut profil singkat mereka.

1. Karim Benzema

Karim Benzema berposisi sebagai striker lahir di Lyon, Perancis pada 19 Desember 1987. Sebelum bergabung Los Merengues, pemain keturunan Aljazair ini membela Lyon hingga 2009. Musim ini dia mencetak 36 gol di berbagai kompetisi yang diikuti klubnya. Benzema saat ini menjadi ujung tombak timnas Prancis dalam menghadapi Piala Eropa 2012.

2. Mesut Özil

Mesut Özil berumur 22 tahun. Meski keturunan Turki, dia berkebangsaan Jerman. Ozil berposisi sebagai penyuplai bola di Madrid dan menjadi pemain terbanyak yang memberi assist di La Liga Spanyol. Di timnas Jerman, dia bermain sebagai gelandang serang dan dijuluki El Búho (Si Burung Hantu) lantaran kemampuan operannya yang teliti di lapangan.

3. Sami Khedira

Sami Khedira dilahirkan di Stuttgart, Jerman Barat pada 4 April 1987. Dia merupakan seorang pemain Muslim Jerman. Selama membela VfB Stuttgart di Bundesliga, Khedira dikenal sebagai pemain spartan. Atas dasar itulah, Mourinho merekrutnya dan menjadikannnya sebagai tulang punggung Madrid musim ini.

4. Lassana Diarra

Lassana Diarra adalah pesepakbola Muslim kulit hitam berkebangsaan Prancis. Ia dilahirkan  pada 10 Maret 1985 di Paris dan bagian dari skuat Les Blues. Dia bermain di posisi gelandang bertahan, namun bagus pula saat menjadi pemain Bek Sayap. Sebelum bermain bersama Madrid, Lass menjalani kariernya di Liga Primer Inggris, yaitu di Chelsea, Arsenal dan Portsmouth.

5. Nuri Sahin

Gelandang timnas Turki ini memiliki nama lengkap Nuri Kâzim Sahin. Ia dilahirkan pada 5 September 1988 di Lüdenscheid, Jeman. Takdirnya berkebalikan dengan Ozil, yang lahir di Jerman, namun membela Turki. Ia bergabung dengan Madrid setelah dilepas klub lamanya, Borussia Dortmund dengan nilai transfer 10 juta euro atau sekitar Rp 71,23 miliar untuk kontrak enam tahun.

6. Hamit Altintop

Hamit Altintop adalah pesepakbola Muslim Turki yang lahir pada 8 Desember 1982 di Gelsenkirchen, Jerman. Dia adalah saudara kembari dari Halil Altintop. Hamit sebelumnya membela Bayern Muenchen dan sejak 2004 membela Ay Yildizlilar atau tim Bulan Bintang, julukan bagi timnas Turki.

Reporter : Erik Purnama Putra
Redaktur : Hafidz Muftisany
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...