Jumat , 20 October 2017, 06:05 WIB

Liga Europa: Arsenal Menang, Milan Ditahan Imbang Tamunya

Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/Andrej Cukic
Olivier Giroud merayakan gol tunggal yang mengantar Arsenal mengalahkan Red Star and Arsenal pada Grup H Liga Europa musim 2017/2018 di Belgrade, Serbia, Jumat (20/10) dini hari WIB.
Olivier Giroud merayakan gol tunggal yang mengantar Arsenal mengalahkan Red Star and Arsenal pada Grup H Liga Europa musim 2017/2018 di Belgrade, Serbia, Jumat (20/10) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Arsenal menaklukkan Red Star Belgrade dengan skor 1-0 berkat gol akrobatik dari Olivier Giroud menjelang laga berakhir, Jumat (20/10) dini hari WIB. Pertandingan Grup H Liga Europa 2017/2018 berlangsung dalam atmosfer luar biasa yang dihadirkan oleh pendukung Red Star. 

Pada pertandingan itu, kedua tim menyia-nyiakan peluang. Theo Walcott memiliki peluang terbaik untuk Arsenal pada babak pertama sedangkan paya Richmond Boaqye membentur tiang gawang di sisi lain lapangan dan Petr Cech mampu menggagalkan upaya Nemanja Radonjic.

Mendapat dukungan dari para penggemarnya, Red Star terus menggempur tim Arsenal pada babak kedua dan Cech kembali menyelamatkan tim tamu ketika ia menepis tembakan keras Slavoljub Srnic ke atas mistar gawang.

Kiper Red Star Milan Borjan menggagalkan peluang Reiss Nelson ketika Arsenal berinisiatif menyerang dengan keunggulan jumlah pemain untuk mencari gol penentu kemenangan, yang terjadi setelah tim tuan rumah harus kehilangan bek kiri Milan Rodic yang diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-81.

Giroud mencetak gol kemenangan pada menit ke-85. Hasil ini mengantar Arsenal memuncaki klasemen Grup H dengan sembilan poin dari tiga pertandingan. Ini juga mengembalikan the Gunners ke jalur kemenangan menyusul kekalahan 1-2 mereka dari Watford di Liga Inggris.

BATE Borisov berada di peringkat kedua Grup H setelah mengalahkan klub Liga Jerman FC Koln. Ini kekalahan ketiga Koln pada penampilan pertama mereka di Eropa dalam 20 tahun.

Real Sociedad menaklukkan FK Vardar dengan skor 6-0 dengan bantuan empat gol dari penyerang Brazil Willian Jose pada pertandingan Grup L. Tim Liga Spanyol lainnya Athletic Bilbao berada di ambang eliminasi Grup J setelah mereka bermain imbang 2-2 di markas klub Swedia Ostersund.

Gol telat dari penyerang veteran Aritz Aduriz mencegah finalis 2012 itu menelan kekalahan kedua secara beruntun. Klub itu kini menghuni peringkat ketiga di Grup J dengan koleksi dua poin, tertinggal empat poin dari tim peringkat kedua Zorya dan tertinggal lima angka dari pemuncak klasemen Ostersund.

Di Prancis, Mario Balotelli membuka gol untuk Nice saat melawan Lazio namun klub Liga Italia itu dengan cepat membalikkan permainan untuk menang 3-1. Pemain Lazio Felipe Caicedo menyamakan kedudukan satu menit setelah gol pembukaan Balotelli dan pemain Serbia Sergej Milinkovic-Savic mengemas dua gol pada babak kedua.

Juara Eropa tujuh kali AC Milan ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya AEK Athens, sedangkan Everton kalah 1-2 dari tamunya Lyon.

Pemain AC Milan Andre Silva (tengah) dihalangi oleh dua pemain AEK Athen, Ognjen Vranjes (kiri) dan Adam Tzanetopoulos, Jumat (20/10) dini hari WIB. (EPA-EFE/Matteo Bazzi)

 

 

 

Sumber : Antara/Reuters