Sabtu , 12 Agustus 2017, 13:37 WIB

Klopp Beberkan Alasan Liverpool Tolak Permintaan Coutinho

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita
Peter Byrne/PA via AP
Philippe Coutinho
Philippe Coutinho

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, membeberkan alasan di balik keputusan klub menolak permintaan transfer yang dilayangkan oleh Philippe Coutinho. Dia menyatakan langkah transfer untuk Coutinho sudah terlambat karena liga sudah berjalan akhir pekan ini.

Pelatih asal Jerman itu mengatakan, tidak mungkin untuk memberikan banderol harga pada Coutinho karena Liverpool akan sulit mencari penggantinya pada jendela transfer musim panas ini. “Mungkin setiap orang memiliki harga, pada waktu yang tepat. Saat waktu yang salah? tidak ada harga," kata Klopp, dilansir dari Liverpool Echo, Sabtu (12/8).

Gelandang Liverpool, Philippe Coutinho, telah melayangkan permintaan transfer terhadap pihak klub. Namun, Liverpool menolak permintaan tersebut dan menegaskan bahwa Coutinho tidak akan dijual di musim panas ini. Liverpool juga telah menolak tawaran kedua dari Barcelona senilai 90,4 juta pound (setara Rp 1,555 triliun). 

"Satu-satunya hal yang bisa saya katakan tentang ini adalah bahwa dalam kehidupan semuanya tentang waktu, mana yang diminta klub cukup awal. Jika kita minta cukup awal, kita coba lakukan itu. Jika Anda minta cukup awal, Anda bisa mengganti rencana apa saja. Tapi Anda tidak bisa datang, mendekati awal musim dengan hal seperti ini," ujar dia. 

Pelatih berusia 50 tahun ini mengatakan, butuh waktu yang tepat untuk membeli pemain. Sebagian besar klub tidak akan datang dan begitu saja menawarkan pemain kepada mereka. "Ini tentang waktu. Begitulah saya memahaminya. Dan hanya itu  yang harus saya katakan,” kata dia. 

Jumat (11/8) kemarin waktu setempat, pemilik klub Fenway Sports Group mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan mempertimbangkan tawaran apapun untuk gelandang timnas Brazil itu. Mereka menegaskan, pemain berusia 25 tahun itu akan tetap menjadi pemain the Reds saat jendela transfer musim panas ini ditutup akhir bulan ini.

Posisi mereka pun tidak berubah, saat permintaan transfer dikirim Coutinho melalui surat elektronik ke direktur olahraga Michael Edwards. Liverpool dikatakan kecewa karena Coutinho sedang melakukan agitasi untuk pindah, meski sang pemain sudah diberi tahu oleh pemilik klub secara langsung. 

Harapan klub adalah Coutinho akan bersikap secara profesional dan tidak akan membiarkan rekan satu timnya atau pendukungnya turun. Coutinho  melapor seperti biasa ke kamp latihan Liverpool di Melwood pada Jumat (11/8) pagi waktu setempat. Namun, ia tidak melakukan perjalanan bersama anggota skuat lainnya ke Watford menjelang laga Liga Primer di Vicarage Road karena masalah punggung.