Selasa , 30 May 2017, 10:48 WIB

Jaap Stam Gagal Bawa Reading ke Liga Primer Inggris

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
EPA/Marco Rossi
Pelatih Reading, Jaap Stam.
Pelatih Reading, Jaap Stam.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Pupus sudah harapan legenda Manchester United (MU) Jaap Stam untuk bisa membawa tim besutannya, Reading, bermain di Liga Primer Inggris musim depan. Sukses finis di peringkat ketiga klasemen akhir Divisi Championship, Reading mampu menembus babak final play-off menuju Liga Primer Inggris.

Sayang, Reading harus menelan kekalahan atas lawan mereka, Huddersfield Town di stadion Wembley, Selasa (30/5) dini hari WIB. Pada laga tersebut, Reading kalah adu penalti 3-4 usai bermain 0-0 sepanjang waktu pertandingan.

Stam pun mengaku kecewa. Tapi ia menyebut kekecewaan seperti ini merupakan hal biasa dalam sepak bola. Jika anda tak ingin menjalani permainan seperti ini, anda bisa pergi untuk bermain di liga amatir," tegas Stam dikutip dari Sky Sport, Selasa.

Stam mengatakan, wajar ia dan timnya sangat kesal. Itu karena sepanjang musim, Reading sebenarnya punya sepak terjang lebih baik daripada Huddersfield. Itu dibuktikan dengan perbedaan peringkat klasemen. Reading di peringkat ketiga sedangkan Huddersfield kelima.

"Saya tak bisa mengatakan, 'Ayo pemain, tunjukkan permainan sama dengan saat di liga'. Tak bisa, karena atmosfernya sangat berbeda antara liga dan play-off," kata Stam. Anggota skuat utama MU saat meraih treble 1999 ini pun yakin timnya musim depan akan lebih baik lagi.

Meskipun, saat ini ia tak mau terlalu memikirkan hal tersebut. "Semoga kita bisa ke Liga Primer Inggris pada musim berikutnya. Tapi terus terang saat ini kita sebaiknya berlibur dulu untuk mengisi energi menghadapi musim depan," ujar bekas bek timnas Belanda ini.