Senin , 20 March 2017, 09:54 WIB

Manchester United Ukir Rekor 600 Kemenangan

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani
Nigel French/PA via AP
Para pemain Manchester United merayakan gol Marouane Fellaini (kanan tengah) pada laga Liga Primer Inggris lawan Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3). United menang 3-1.
Para pemain Manchester United merayakan gol Marouane Fellaini (kanan tengah) pada laga Liga Primer Inggris lawan Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3). United menang 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Kemenangan Manchester United atas Middlesbrough tidak hanya membuat posisi Iblis Merah naik ke peringkat lima klasemen Liga Primer Inggris. Lebih dari itu, kemenangan ini menjadi kemenangan ke-600 United di Liga Primer Inggris. Iblis Merah menjadi satu-satunya tim yang berhasil menorehkan catatan bagus di kompetisi kasta tertinggi di negeri ratu Elizabeth ini.

Bulan lalu, United berhasil menjadi tim yang mampu mengumpulkan 2000 angka dalam kemenangan kandang atas Watford. Namun, catatan 600 kemenangan di stadion Riverside ini membuat United menjadi satu-satunya klub dari 47 klub yang pernah berlaga di Liga Primer. Kemenangan ke-600 ini dicatatkan dalam 951 pertandingan di Liga Primer sejak kompetisi ini resmi dibuat pada 1992/1993 lalu. United berhasil mencatatkan 600 kemenangan, 204 hasil imbang dan 147 kekalahan.

Laman resmi Manchester United merilis, Sir Alex Ferguson menjadi pelatih United dengan catatan kemenangan terbanyak di Liga Primer. Ferguson telah menorehkan 528 kemenangan dari 810 laga bersama Iblis Merah. Posisi kedua diraih oleh pelatih asal Belanda, Louis van Gaal dengan 39 kemenangan dari 76 laga. Jose Mourinho sendiri baru mencatatkan 14 kemenangan dari 27 laga di Liga Primer, berada di bawah catatan David Moyes yang mengumpulkan 17 kemenangan dari 34 laga.

Laga melawan the Boro menjadi momen krusial bagi pelatih United, Jose Mourinho. Iblis Merah tanpa diperkuat striker utama Zlatan Ibrahimovic dan gelandang termahal di dunia, Paul Pogba saat bertandang ke markas the Boro. Dilansir dari BBC Sport, Jose Mourinho juga lebih peduli dengan kenaikan mereka di posisi kelima klasemen Liga Primer. Sebab, hal itu membuat mereka lebih dekat untuk masuk zona Liga Champions Eropa.

Ini adalah untuk pertama kalinya United berada di peringkat kelima setelah 184 hari berjuang. Banyak catatan manis yang mampu ditorehkan United bersama Mourinho pada kemenangan di kandang Middlesbrough ini. Mereka juga berhasil membukukan 18 pertandingan tanpa kekalahan musim ini di Liga Primer. Kekalahan terakhir mereka terjadi saat dibantai Chelsea, 4-0 pada Oktober lalu. Meskipun begitu, United hanya mampu naik dua peringkat dari posisi tujuh menjadi lima di klasemen Liga Primer.

Rekor 600 kemenangan Manchester United. (sumber: Twitter/@premierleague)