Ahad , 19 March 2017, 21:07 WIB

Kalahkan Boro, MU Gusur Arsenal di Klasemen Liga Primer

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Nigel French/PA via AP
Para pemain Manchester United merayakan gol Marouane Fellaini (kanan tengah) pada laga Liga Primer Inggris lawan Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3). United menang 3-1.
Para pemain Manchester United merayakan gol Marouane Fellaini (kanan tengah) pada laga Liga Primer Inggris lawan Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3). United menang 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MIDDLESBROUGH—Manchester United (MU) akhirnya beranjak naik ke posisi kelima papan klasemen Liga Primer Inggris musim ini. Tiga poin tambahan diraih MU setelah menang 3-1 atas tuan rumah, Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3) malam WIB. Meski bermain di kandang lawan, MU mampu meladeni permainan the Boro yang butuh angka untuk pergi dari zona degradasi dengan tenang.

Jual beli serangan terjadi antara tim tamu dan tuan rumah sejak menit pertama. Namun, MU yang mampu memecah kebuntuan pada menit ke-30. Sundulan Marouane Fellaini membuat publik tuan rumah terdiam. Berawal dari serangan balik, United membangun serangan via winger Ashley Young. Mendapat bola di sisi kanan pertahanan Boro, Young mengirim bola dengan kaki kanannya ke tiang jauh.

Di sana, ada Fellaini yang menyambut umpan dengan kepalanya. Tandukan pemain asal Belgia ini pun sanggup menembus adangan kiper lawan Victor Valdes dan masuk ke dalam gawang. Usai gol tersebut, serangan demi serangan dari kedua kesebelasan terus terjadi. Namun MU mampu mengamankan keunggulan hingga peluit tanda berakhirnya interval pertama ditiupkan.

Pada babak kedua, intensitas jual beli serangan diantara kedua tim masih hampir sama dengan babak pertama. Namun, MU lagi-lagi bisa bermain lebih efektif. Pada menit ke-62, kolektor 20 gelar Liga Primer Inggris ini mampu menambah keunggulan lewat aksi gemilang Jesse Lingard. Lagi-lagi gol ini lahir dari serangan balik. Bola yang digiring Lingard dari tengah lapangan terus berada di kakinya hingga mendekati kotak 16 the Boro.

Melihat adanya celah, Lingard mengambil keputusan untuk menampar bola dengan kaki kanan bagian luar. Bola kemudian melesat dengan lengkungan tajam ke arah gawang Boro. Valdes yang berdiri di bawa mistar dibuat terpaku dan hanya menatap bola kembali menghujam gawangnya. Gol ini adalah yang pertama bagi Lingard setelah bermain dalam 15 laga musim ini.

Menit ke-76, Boro bisa menipiskan ketinggalan lewat striker andalan mereka Rudy Gestede. Memanfaatkan kesalahan Chris Smalling yang tak bisa membuang bola dengan sempurna di dalam kotak penalti, Gestede dengan mudah mencocor bola masuk melewati adangan kiper David De Gea.

MU akhirnya mengunci kemenangan saat dua menit jelang laga bubar mereka kembali membuat gol. Kali ini giliran bek kanan Antonio Valencia yang mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan blunder Valdes. Hingga akhir laga MU bisa menjaga keunggulan 3-1. Atas kemenangan pada laga ke-27 di Liga Primer Inggris tersebut, MU naik ke peringkat kelima dengan koleksi 52 angka menggusur Arsenal yang kalah 1-3 dari West Bromwich Albion kemarin.