Ahad , 19 Maret 2017, 21:18 WIB
Pratinjau Manchester City vs Liverpool

Laga Penghapus Luka Pep Guardiola

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
REUTERS/Carl Recine
Reaksi pelatih Liverpool, Juergen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola pada laga Liga Primer di Anfield, Ahad (1/1) dini hari WIB. Liverpool menang 1-0.
Reaksi pelatih Liverpool, Juergen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola pada laga Liga Primer di Anfield, Ahad (1/1) dini hari WIB. Liverpool menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Manchester City ingin meraih kemenangan kala menjamu Liverpool di stadion Etihad, Ahad (19/3) malam WIB. Tiga angka sangat penting bagi Josep Guardiola untuk mengobati luka akibat tersingkir di babak 16 besar Liga Champions tengah pekan kemarin. Laga ini menjadi ajang pembuktian Pep Guardiola bahwa dirinya merupakan pelatih kelas dunia.

City memang dibayangi jadwal padat. Keuntungan tersebut yang dijadikan armada Juergen Klopp untuk bisa meredam laju Sergio Aguero di tangga klasemen. Akan tetapi, tekad besar justru tengah bermuara di dalam benak pemain City untuk bisa mengobati kekecewaan atas AS Monaco.

Terlebih dalam beberapa bulan terakhir performa Manchester City di Liga Inggris begitu impresif. Manchester Biru tak terkalahkan di enam pertandingan liga terakhir mereka, atau sejak pertengahan Januari lalu.

Tuan rumah sendiri tak memiliki masalah berarti dalam skuat mereka terkait cedera. Selain ketakutan akan kelelahan, Guardiola bisa memainkan skuat terbaiknya. Hanya saja mereka masih minus dua pemain yakni Gabriel Jesus dan Ilkay Guendogan yang masih berbaring di rumah sakit.

Guardiola mengatakan, bahwa laga melawan Liverpool akan sangat menguras banyak tenaga dan ia meminta agar para pemain bisa konsentrasi hingga pertandingan berakhir. “Kekalahan tentu selalu menyakitkan, tapi kami harus segera menatap laga ke depan dan fokus meraih hasil baik di sisa musim ini," tegas eks pelatih Barcelona dilansir laman resmi klub, Sabtu (18/3).

Adapun rumor bakal dirombaknya seluruh pemain City ditangkis oleh entrenador asal Spanyol itu. Ia menerangkan bahwa manajemen klub mencoba memberikan yang terbaik kepada tim. “Saya mendengar pemberitaan bahwa saya akan menggantik 12 sampai 13 pemain musim panas nanti. Itu tentu tidak mungkin terjadi karena mereka masih memiliki kontrak," sambungnya.

Dari kubu Liverpool, pasukan Juergen Klopp memiliki waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan pertandingan. The Anfield Gank memiliki hampir sepekan penuh untuk menyiapkan tim dan tentu saja melanjutkan rekor apik mereka saat bertemu Manchester City.

Liverpool sendiri tengah berada dalam periode bagus setelah mereka pulih dari kekalahan menyesakkan melawan Leicester City akhir bulan lalu. Pada dua pertandingan terakhir mereka, Merseyside Merah sukses mengalahkan Arsenal 3-1 dan Burnley 2-1 untuk mengembalikan mereka dalam persaingan empat besar.

Apabila melihat dari persiapan kedua tim, Liverpool tentu bisa dikatakan lebih unggul lantaran memiliki dua keunggulan yakni masalah staminan yang bagus jelang laga dan rekor apik dalam head to head mereka. The Reds berhasil mengantongi empat kemenangan dan hanya meraih satu hasil imbang.

Namun demikian, Juergen Klopp tak ingin timnya jemawa dan meminta agar timnya menghormati para lawan. "Saya tidak meragukan kualitasnya (Guardiola). Mungkin beberapa orang berbeda dengan saya karena mereka (City) gugur di Liga Champions. Tapi bagi saya Guardiola merupakan pelatih terbaik dan mereka bermain mengesankan," kata dia dilansir BBC Sport, Sabtu (18/3).

Dari kabar ruang ganti Liverpool tak memiliki masalah besar. Selain Jordan Henderson, Daniel Sturridge dan Danny Ings yang cedera, nama-nama seperti Sadio Mane dan Emre Can tampaknya akan kembali jadi andalan menggempur pertahanan the Eastland.

Lebih lanjut, pelatih asal Jerman itu mengungkapkan bahwa Roberto Firmino bisa jadi akan fit dan bermain ketika melawat ke Etihad Stadium. Pesepak bola 25 tahun tidak berlatih bersama tim utama pekan ini dan diistirahatkan ketika tim meraih kemenangan 2-1 atas Burnley pekan lalu.

Klopp membuka kans bagi mantan pemain Hoffenheim itu untuk turun di Etihad, meski belum ada kejelasan apakah ia nantinya akan dimainkan sedari awal atau tidak. "Roberto Firmino tidak berlatih bersama tim sejauh ini. Dia harusnya bisa ikut bergabung dengan tim hari ini atau besok, jadi ia bisa menjadi opsi pilihan di laga nanti."