Rabu, 18 April 2012, 09:15 WIB

Reading Kembali Promosi ke Liga Primer

Red: Didi Purwadi
Liga Primer Inggris
Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Reading kembali ke Liga Primer Inggris setelah mengamankan satu tiket otomatis promosi. Reading meraihnya setelah memetik kemenangan 1-0 di kandang atas Nottingham Forest pada Selasa waktu setempat atau Rabu WIB.

Tembakan Mikele Leigertwood menyambut tendangan bebas Ian Harte sembilan menit menjelang pertandingan usai. Itu menjadi satu-satunya gol di Stadion Madejski.

Forest berkesempatan menyamakan kedudukan pada masa injury time. Namun sundulan pemain pengganti, Marcus Tugday, berhasil disapu Alex Pearce sebelum melewati garis gawang. Itu ketika sang penyerang membantu tugas kiper Adam Federici yang sudah mati langkah.

Kemenangan ini membuat Reading meraih 46 poin dari kemungkinan 51 poin sejak Januari. Reading pun kembali ke kasta tertinggi untuk pertama kalinya sejak 2008.

Para pemain Reading dikerumuni para penggemar yang masuk ke lapangan setelah peluit tanda pertandingan berakhir berbunyi. Dengan hanya dua tim teratas di klasemen yang mendapat tiket promosi langsung, kemenangan ini membuat pemuncak klasemen divisi satu, Reading, memiliki keunggulan delapan poin atas tim peringkat ketiga West Ham United. Itu dengan maksimum hanya enam poin yang dapat dikumpulkan The Hammers pada dua pertandingan liga terakhir.

Sementara peringkat kedua, Southampton, melakukan lompatan besar untuk menyongsong promosi dengan meraih kemenangan tandang 3-1 atas Petersborough. Tim tamu telah unggul 2-0 pada sepuluh menit pertama.

Sumber : Antara/AFP