Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Timnas Rencanakan Uji Tanding dengan Tim Liga 1 2018

Sabtu 20 January 2018 17:41 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti.

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Uji tanding tersebut sebagai bagian dari persiapan timnas menghadapi Asian Games.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Timnas Garuda Indonesia menjadwalkan untuk uji tanding dengan klub Liga 1 2018. Rencana uji tanding dengan tim lokal tersebut diperkirakan pada Februari mendatang. Pertandingan trial tersebut sebagai bagian dari persiapan timnas menghadapi gelaran Asian Games 2018.

Asisten pelatih timnas Indonesia Bima Sakti Tukiman mengatakan, tim dari Liga 1 merupakan kesebelasan yang mapan. Ia menilai, pantas bagi tim-tim lokal dari kasta utama nasional tersebut, menjajal kebolan para pemain asuhan Luis Milla Aspas tersebut.

Namun, Bima Sakti belum mau mengungkapkan klub Liga 1 mana yang akan menjadi tim tanding bagi timnas Garuda. Hanya, dia mengatakan, pelatih Luis Milla menginginkan tim atas Liga 1 2017 dengan level dan kualitas permainan mumpuni. 

Bima menambahkan, tolok ukur tim teratas tersebut agar para penggawa Garuda mampu menyerap cara bermain dengan level yang lebih tinggi. “Yang pasti lawannya tim yang bisa memberikan banyak manfaat dan pelajaran bagi timnas,” ujar Bima. 

Bima pun mengatakan, tim calon lawan tersebut harus memainkan para penggawa utamanya, baik lokal maupun asing. Dia menambahkan, para pemain calon lawan tersebut adalah para penggawa kesebelasan yang dipastikan menjadi pemain utama di Liga 1 2018 mendatang.

Rencana uji tanding timnas Garuda dengan tim lokal sebetulnya agenda sisipan dari jadwal laga timnas. PSSI pada Februari mendatang sudah menyiapkan timnas Garuda untuk mengikuti test event Asian Games dengan melawan tujuh negara. Tapi, gelaran pemanasan Asian Games tersebut diusulkan agar dibatalkan. 

PSSI memilih memundurkan jadwal test event sepak bola Asian Games pada Juni atau Juli, sebulan sebelum Asian Games dimulai Agustus nanti. Sebagai pengganti gelaran test event, pada Februari, timnas Garuda harus tetap menjalankan pemusatan latihan, dan uji tanding dengan timnas dari negara lain, atau juga tim-tim lokal maupun asing.

Uji coba timnas Garuda dengan tim-tim lokal sebetulnya bukan kali ini. Pada April 2017 lalu, skuat U-23 juga pernah uji tanding melawan kesebelasan Persija Jakarta yang berakhir imbang tanpa gol. 

Timnas U-23 juga pernah uji tanding Bali United yang berakhir kekalahan 0-1 pada Mei 2017 lalu. Persija dan Bali United, merupakan dua kesebelasan papan atas Liga 1 2017.

Timnas Garuda U-23 juga pernah menjajal coba dengan tim kasta kedua, seperti Persita Tangerang dan Persiwangi Banyuwangi. Di dua laga tersebut, timnas berhasil menang. 

Namun pada uji coba dengan tim-tim lokal tersebut, Milla menurunkan skuat murni U-23. Adapun uji tanding dengan tim lokal nantinya, Milla akan menurunkan skuat kombinasi dengan menggabung penggawa senior Garuda, dan U-23 juga U-19 yang menjadi skuat proyeksi Asian Games.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Kondisi Setelah Putusnya Jembatan Sunut

Jumat , 23 February 2018, 15:00 WIB