Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Tak Punya Dana, Persipura Ingin Mundur dari Piala Presiden

Rabu 10 January 2018 22:23 WIB

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita

Skuat tim Persipura Jayapura.

Skuat tim Persipura Jayapura.

Foto: Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Persipura Jayapura menyampaikan sinyal mundur dari kepesertaan Piala Presiden 2018. Kesebelasan dari Papua itu menyatakan tak punya kas untuk ambil bagian dalam kompetisi pramusim Liga 1 2018 tersebut.

Sekertaris Umum (Sekum) Persipura Rocky Babena kepada wartawan menyampaikan, manajemen Mutiara Hitam tersebut tak punya dana ikut Piala Presiden. Karena itu, timnya meminta agar PSSI dan operator kompetisi Liga Indonesia Baru (LIB) melunasi tunggakan subsidi Liga 1 2017.

“Bagaimana kami bisa ikut kalau kami punya utang belum lunas,” kata Rocky saat dihubungi dari Jakarta pada Rabu (10/1). 

Dalam catatan Persipura, PSSI dan LIB masih punya utang dan tunggakan senilai Rp 3 sampai Rp 4 miliar yang harus dilunasi kepada klub juara ISC A 2016 tersebut. Rocky menyebutkan utang tersebut terdiri dari sisa subsidi Liga 1 yang belum lunas. 

Bahkan, Rocky mengungkapkan, PSSI masih punya utang kepada Persipura saat menggelar kompetisi ISC bikinan operator Gelora Trisula Semesta (GTS) yang saat itu dipimpin oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. “Kalau itu dibayarkan ke kami, bisa kami pakai buat ikut Piala Presiden. Kami hanya menginginkan itu,” sambung Rocky. 

Dia pun mengatakan, Persipura saat ini memang punya sponsor. Yaitu lembaga perbankan lokal di Papua. Hanya kata dia, sponsor tersebut tak bersedia membiayai Persipura di Piala Presiden tahun ini.

Rocky mengatakan, meski sponsor tersebut sudah ikat kerjasama, tetapi hanya untuk membiayai Persipura ikut Liga 1 2018. Kondisi tersebut, menurut Rocky, membuat Persipura tidak punya pilihan lain kecuali absen pada Piala Presiden musim ini. 

Pada Selasa (9/1), LIB resmi mengumumkan jadwal gelaran Piala Presiden. Dari pengumuman tersebut, Persipura menjadi salah satu tim peserta dari 20 kesebelasan Liga 1 2017 dan Liga 2 2017. LIB menjadwalkan kick off perdana gelaran tersebut pada 16 Januari mendatang di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Piala Presiden akan berlangsung selama sebulan sampai 17 Februari. Persipura ditempatkan di Grup B bersama Mitra Kukar, Barito Putera dan Martapura FC. Menurut jadwal LIB, Persipura akan melakoni laga perdana melawan Martapura pada Rabu (17/1) mendatang.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES