Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Sesmenpora: Kemen PUPR tak Izinkan GBLA untuk Piala Presiden

Rabu 10 January 2018 08:45 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

 Kondisi lapangan yang masih diperbaiki di Stadion Gelora Lautan Api, Jl Gedebage, Kota Bandung, Senin (28/11).

Kondisi lapangan yang masih diperbaiki di Stadion Gelora Lautan Api, Jl Gedebage, Kota Bandung, Senin (28/11).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana operator kompetisi Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar kick off perdana Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) terancam batal. Itu karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dikabarkan tak memberikan izin penggunaannya.

Kabar tersebut disampaikan Sekretaris di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto. "Yang jelas tidak diizinkan oleh PUPR," kata Gatot saat ditemui wartawan di Kemenpora, Jakarta, Selasa (9/1) malam.

Gatot yang juga Wakil Ketua Panita Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) mengatakan, PSSI dan LIB harus mencari alternatif stadion lain untuk Piala Presiden. Sebab, kata dia, saat ini Kemen PUPR sebagai otoritas menerima mandat pemugaran enam stadion utama di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) yang disiapkan untuk Asian Games 2018.

GBLA menjadi salah satu stadion yang akan direnovasi menuju gelaran Asian Games 2018. Gatot menerangkan, jika Piala Presiden dibuka pada 16 Januari, maka itu sudah masuk dalam tahap renovasi stadion tersebut. Jika kompetisi pramusim itu direncanakan digelar selama sebulan, maka pemugaran GBLA sudah pasti akan ikut molor pengerjaannya.

Maka itu, kata Gatot, penyelenggaraan Piala Presiden akan mengancam persiapan Indonesia sebagai tuan rumah pesta olah raga terbesar di Asia yang akan dimulai pada Agustus nanti.

Bukan cuma GBLA, ada empat stadion lain di Jabar yang harus diperbaiki dan dirampungkan pengerjaannya demi sukses Asian Games. Yaitu, Stadion si Jalak Harupat yang juga ada di Bandung, Stadion Wibawa Mukti dan Patriot di Bekasi, serta Pakansari di Bogor. Lima stadion tersebut menjadi arena pendukung Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang menjadi episentrum kegiatan Asian Games. GBK sudah rampung pemugarannya dan akan diresmikan pada 14 Januari nanti saat timnas Indonesia menjamu Islandia.

Terkait Piala Presiden, LIB pada Selasa (9/1) merilis resmi jadwal pembukaan. LIB memastikan kick off perdana gelaran pramusim Liga 1 2018 tersebut di Stadion GBLA. Pembukaan kompetisi tahunan tersebut, LIB mengklaim, akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sejak merencanakan menggelar kembali Piala Presiden, LIB memang memasukkan Bandung sebagai salah satu tuan rumah. Ada empat kota lain yang juga dipilih sebagai tuan rumah. Yaitu, Malang dan Surabaya di Jawa Timur (Jatim) dengan mengandalkan Stadion Kanjuruhan, dan Gelora Bung Tomo.

Selain itu, Bali yang akan memanfaatkan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Sementara, Makassar dengan Stadion Andi Mattalatta yang semula diajukan sebagai tuan rumah, dibatalkan. LIB memilih Stadion Batakan, di Balikpapan. LIB merencanakan gelaran Piala Presiden akan berakhir pada 17 Februari mendatang.

Pada putaran perempat final dan final, LIB akan memindahkan pertandingan ke Stadion Manahan, Solo, dan Stadion GBK sebagai lokasi laga pamucak. Namun Gatot menambahkan, kecil peluang bagi PSSI maupun LIB bisa menggunakan GBK saat rencana final Piala Presiden. Sebab dalam bulan tersebut pun Asian Games sudah memasuki fase test event yang sebagian kegiatannya akan dilakukan di GBK.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES