Rabu , 13 September 2017, 18:20 WIB

Indra Sjafri: Alhamdulillah Indonesia ke Semifinal Piala AFF

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
REPUBLIKA/Febrian Fachri
Indra Sjafri
Indra Sjafri

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Usai menggasak Brunei Darusallam dengan skor 8-0, Timnas Indonesia U-19 berhak melangkah ke babak semifinal Piala AFF U-18. Pelatih Indra Sjafri mengaku sangat puas dengan penampilan para pemain dan juga dukungan dari masyarakat Indonesia.

"Alhamdulillah kami lolos ke semifinal tanpa menunggu hasil pertandingan Vietnam lawan Myanmar malam ini. Terima kasih kepada perjuangan para pemain dan doa bangsa Indonesia kepada kami," ucap Indra Sjafri selepas pertandingan, Rabu (13/9).

Kemenangan besar Garuda Nusantara disumbangkan oleh tiga gol Muhammad Rafli, dua gol Egy Maulana Vikri, dan Witan Sualeman, sebelum akhirnya Hanis Saghara Putra menutup keran gol menjadi 8-0.

Sebelum laga, Indra Sjafri mengingatkan kepada para pemain untuk bermain lebih tenang dan tidak memikirkan hal apapun. Dia juga berpendapat bahwa Brunei bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan.

"Sejak awal saya tekankan kepada anak-anak untuk bermain tenang, jangan terburu-buru dan tetap anggap Brunei sebagai lawan yang harus diwaspadai. Di babak kedua kami mengubah formasi menjadi 4-3-3, karena kita tarik Feby dan masukkan Saddil. Rafli kita ganti karena cedera," lanjutnya.

Pelatih 54 tahun itu tak mau mempedulikan siapa lawan Indonesia di babak semifinal. Dia menegaskan, bahwa Garuda Nusantra akan siap menghdapi Thailand atau pun Malaysia.

"Kami tak masalah menjadi juara grup atau runner up nantinya. Terkait lawan antara Malaysia atau Thailand kita juga sudah siap melawan siapa saja. Yang jelas tim ini masih ada kekurangan dan kita terus perbaiki. Besok kami akan satu kali latihan jelang laga semifinal hari Jumat. Recoveri pemain jadi perhatian kami karena jeda istirahat hanya satu hari. Kami harap pemain tetap fokus demi asa meraih juara Piala AFF U-18 ini."