Rabu , 13 September 2017, 17:53 WIB

Bantai Brunei 8-0, Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-18

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Twitter/@pssi_fai
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikry (tengah) beraksi pada laga Piala AFF U-18 melawan Brunei di Yangon, Myanmar, Rabu (13/9). Indonesia menang 8-0 pada laga ini.
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikry (tengah) beraksi pada laga Piala AFF U-18 melawan Brunei di Yangon, Myanmar, Rabu (13/9). Indonesia menang 8-0 pada laga ini.

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan telak 8-0 atas Brunei Darussalam pada partai terakhir Grup B Piala AFF U-18 yang digelar di Stadion, Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9) sore WIB.

Pertandingan belum genap memasuki satu menit pertama Garuda Nusantara sudah unggul melalui M Rafli Mursalim. Memanfaatkan kesalahan bek Brunei Azirul Asmadi Aji, Rafeli berhasil memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti yang melepaskan tendangan mendatar ke pojok kanan gawang.

Tekanan terus-menerus yang dilakukan Indonesia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-18. Egy Maulana berhasil lolos jebakan offside dan menyontek melewati kiper Amir Hakim. Bek Brunei Nazif Safwan Jalni yang berusaha membuang bola, justru melakukan gol bunuh diri.

Serangan spartan yang dibangun anak asuh Indra Sjafri langsung membuahkan gol ketiga pada menit ke-23. Menerima umpan terobosan Feby Eka Putra, Egy sukses menaklukkan kiper Amir Hakim lewat tendangan mendatar ke pojok kiri gawang.

Empat menit jelang babak pertama usai, gelandang Witan Sulaeman mencetak gol cantik. Witan melepaskan tendangan kaki kiri yang bersarang ke pojok kanan atas gawang Brunei.

Timnas Indonesia U-19 menutup babak pertama lewat gol kelima yang dicetak Rafli pada menit ke-42. Rafli menggetarkan gawang melalui sundulan setelah menerima umpan silang Dedi Tri Maulana. Skor 5-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda babak pertama.

Memasuki interval kedua, timnas Indonesia U-19 menambah dua golnya melalui Witan Sulaeman dan Hanis Saghara. Tim dengan julukan Garuda Nusantara sebenarnya memiliki peluang emas pada menit ke-64 ketika Rafli menerima umpan tarik Egy. Sayang, tendangan Rafli gagal mengenai bola dan justru mengalami cedera.

Pada menit ke-67 akhirnya Indonesia benar-benar mencetak gol di babak kedua. Witan Sulaeman mencetak gol keduanya melalui sundulan ke pojok kiri gawang setelah menerima umpan sepak pojok Samuel Cristianson.

Satu menit kemudian Hanis Saghara yang masuk menggantikan Rafli, berhasil mencetak gol kedelapan Indonesia. Hanis dengan mudah melesakkkan bola ke gawang Brunei setelah menerima umpan tarik Egy. Skor 8-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.

Adapun, dengan hasil ini membuat Indonesia memiliki selisih gol 15 yang artinya menyamai pencapaian yang dibuat oleh Vietnam, dan melampaui catatan tuan rumah Myanmar (13 gol). Indonesia dipastikan melaju ke semifinal, namun status Garuda Nusantara sebagai juara grup atau runner-up masih ditentukan lewat laga Myanmar lawan Vietnam yang akan bermain pada pukul 18.00 WIB.