Selasa , 12 September 2017, 15:10 WIB

Penjelasan Pergeseran Posisi Kim Kurniawan di Persib

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Indonesiansc.com
Kim Jeffrey Kurniawan
Kim Jeffrey Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kim Jeffrey Kurniawan merupakan pemain yang komplet. Pemain darah campuran Indonesia-Cina-Jerman itu mampu memainkan peranan untuk beberapa posisi. Di Persema Malang pada periode 2011-2013, Kim dimainkan oleh pelatih Timo Scheunemann sebagai bek sayap.

Pindah ke Pelita Bandung Raya dan berlanjut di Persib Bandung, Kim kembali ke posisi aslinya sebagai gelandang. Musim ini, Kim kembali merasakan pergeseran peran. Adik ipar Irfan Bachdim itu sekarang selalu membela Persib sebagai gelandang bertahan.

Walau tubuhnya tak terlalu tinggi, Kim tak pernah mau kalah berduel dengan para striker dan gelandang serang lawan.
 Kim kerap mendapat aplaus dan teriakan dukungan dari bobotoh karena aksi-aksi menawannya di lapangan. Kim begitu gigih mengejar bola, jatuh bangun dalam melakukan tekel hingga memberikan umpan ke pemain depan.

"Posisi saya tahun ini agak beda. Sebagai gelandang bertahan yang bertugas menghentikan lawan masuk (ke kotak penalti Persib)," kata Kim di Mess Persib, Selasa (12/9).

Musim lalu di ajang Indonesia Soccer Championship, lulusan akademi Karlsruher SC Jerman itu bermain untuk posisi gelandang box to box. Di mana dia banyak membantu serangan dan mengatur ritme permainan.

Awal musim ini, Kim pun sempat mencicipi peranan sebagai striker satu pertandingan. Yakni di pekan kedua di Stadion Pakansari markas PS TNI.