Sabtu 08 Jul 2017 20:31 WIB

Edy Rahmayadi: Target Emas SEA Games tak Bisa Ditawar

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) tak mundur dari target perolehan medali emas SEA Games 2017. Meski skuat Garuda Indonesia masuk dalam grup berat di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut, Federasi sepak bola nasional tetap menegaskan target perolehan medali emas.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menegaskan siapa pun lawan skuat Indonesia di SEA Games, target medali emas tak bisa di tawar. "Kami (PSSI) tak melihat siapa pun lawan. Siapapun lawan, kami tak soal. Target (medali) emas tetap," kata dia di sela pembukaan Liga 1 U-19 2017 di Stadion Patriot Bekasi, pada Sabtu (8/7).

Perolehan medali emas di SEA Games 2017 memang menjadi target PSSI. Target tersebut pun menjadi salah satu klausul kontrak yang ditebalkan federasi nasional saat meminta pelatih Luis Milla Aspas menukangi skuat Garuda Indonesia, Januari lalu.

Ketika itu, Edy meminta Milla membentuk timnas Garuda Indonesia U-23 yang akan berlaga di SEA Games tahun ini. Jenderal bintang tiga itu mengatakan agar skuat tersebut membawa pulang medali emas.

Prestasi tertinggi yang pernah diraih skuat Garuda Indonesia pada SEA Games 1987 dan 1991. "Target saya cuma satu, kembali Indonesia juara (SEA Games)," kata Edy.

SEA Games 2017 akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Gelaran tersebut, akan dimulai pada 19 sampai 31 Agustus mendatang. Dari cabang sepak bola, hasil pengundian grup pada Sabtu (8/7) menempatkan Indonesia di zona sulit.

Skuat Garuda Indonesia tergabung di Grup B. Ada enam kesebelasan negara dalam grup tersebut. Indonesia akan bersaing dengan Thailand dan Vietnam. Dalam grup tersebut juga ada Filipina. Dua negara lain, yakni Timor Leste dan Kamboja.

Di Grup A, jumlah peserta lebih sedikit dan lebih mudah. Ada tuan rumah Malaysia, Myanmar, dan Singapura. Laos dan Brunei Darussalam, juga berada di grup lima peserta ini.

Manajer timnas Garuda Indonesia Endri Erawan, mengakui posisi Indonesia di Grup B kali ini, bakal sulit. Namun, dia mengatakan, pelatih Luis Milla masih punya waktu menyiapkan para penggawanya agar mampu lolos fase grup dan mencapai babak selanjutnya.

Milla mengaku belum ingin memikirkan SEA Games. Dia mengatakan saat ini timnya hanya ingin fokus persiapan timnas menjelang kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Bangkok, Thailand, pada 19 sampai 23 Juli mendatang.

Dia menyatakan kualifikasi tersebut menjadi modal penting bagi skuatnya menatap SEA Games. Di kualifikasi tersebut, Indonesia juga satu grup bersama Thailand. Dua tim lain yang tergabung dalam Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018, yaitu Malaysia dan Mongolia. n Bambang Noroyono

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement