Ahad , 19 March 2017, 02:56 WIB

Bek Madura United: Essien tak Lagi Sehebat Dahulu

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Mahmud Muhyiddin
Pemain baru Persib Bandung Michael Essien 'diserbu' untuk berfoto Bobotoh di Bandung, Selasa (14/3). Mantan pemain Chelsea dan Real Madrid ini mengenakan nomor punggung 5.
Pemain baru Persib Bandung Michael Essien 'diserbu' untuk berfoto Bobotoh di Bandung, Selasa (14/3). Mantan pemain Chelsea dan Real Madrid ini mengenakan nomor punggung 5.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN – Bek Madura United, Andik Rendika Rama, turut memberikan tanggapan terkait kehadiran bintang asal Ghana, Michael Essien, untuk Persib Bandung semusim Liga 1 Indonesia ke depan. Sebagai pemain bertahan, Andik nantinya akan berhadapan dengan Essien yang kemungkinan berperan sebagai gelandang serang bagi Maung Bandung.

Andik tidak gentar walau Essien adalah bekas pemain Liga Primer yang juga pernah ikut tampil di Piala Dunia bersama Ghana. "Essien pemain kelas dunia. Tapi dia hadir di sini ketika usianya sudah mulai tua. Mungkin mainnya tak lagi sehebat ketika ia berkostum Chlelsea atau Madrid," kata bek 24 tahun itu, dikutip dari laman resmi Madura United, Ahad (19/3).

Baca juga, Van Dijk Setuju Penerapan Marquee Player di Liga 1.

Walau begitu, Andik tetap mengimbau semua pemain MU agar menghormati Essien. Meski sudah 34 tahun, kata dia, Essien punya skill olah bola di atas rata-rata. Essien juga andal mencetak gol lewat tendangan jarak jauh, jarak dekat, atau dengan kepalanya.

Tak kalah penting, menurut bekas pemain Persija Jakarta itu, Essien memiliki pengalaman tingkat tinggi yang saat ini tak ada satu pun pemain di Indonesia bisa menyamai.  "Ia punya pengalaman luar biasa," ujar Andik. 

Andik nantinya juga punya rekan yang merupakan pemain kelas dunia. Yaitu pemain asal Nigeria, Peter Odemwingie.