Ahad , 19 Maret 2017, 02:08 WIB

Van Dijk Setuju Penerapan Aturan Marquee Player di Liga 1

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Edwin Dwi Putranto/Republika
Sergio van Dijk
Sergio van Dijk

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Striker Persib Bandung, Sergio van Dijk menyambut baik aturan marquee player yang diberlakukan PSSI. Tak lama setelah Maung Bandung mendatangkan pemain kelas dunia Michael Essien. PSSI mengumumkan aturan marquee player.

Klub peserta Liga 1 boleh memiliki tiga pemain asing dengan komposisi tiga pemain asing dua di antaranya adalah non-Asia dan satu pemain Asia. Klub dapat memiliki empat pemain asing jika mereka dapat mendatangkan marquee player yaitu pemain ternama kelas dunia.

"Menurut saya bagus jika ada pemain kelas dunia di dalam tim. Kehadirannya akan meningkatkan kualitas tim dan juga kompetisi," kata Van Dijk, dikutip dari laman resmi Persib, Ahad (19/3). Pemain berdarah campuran Indonesia dan Belanda tersebut ingin tim Liga 1 Indonesia lainnya juga dapat mengikuti langkah Maung Bandung seperti mendatangkan Essien.

Ia berpendapat, dengan banyaknya pemain asing kelas dunia bermain di Liga Indonesia akan mengangkat pamor kompetisi sepak bola di Tanah Air. "Tim lain nantinya juga bisa dapat mendatangkan pemain kelas dunia," ujar bekas penyerang Adelaide United itu.

Sejauh ini setelah Persib, Madura United juga sudah menggunakan hak untuk ..marquee player. Madura United membeli bintang Nigeria, Peter Odemwingie.  Odemwingie adalah pemain yang pernah merumput di Piala Dunia 2010 dan 2014. Di level klub ia pernah membela Lille (Prancis) West Bromwich Albion, Cardiff City, Stoke City, dan Bristol City (Inggris).