Sabtu , 18 March 2017, 16:24 WIB

Giliran Madura United Gaet Mantan Bintang Liga Inggris

Red: Israr Itah
EPA/ARMANDO BABANI
Peter Odemwingie saat memperkuat timnas Nigeria.
Peter Odemwingie saat memperkuat timnas Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Klub sepak bola Madura United (MU) mengikuti jejak Persib Bandung menggaet pemain bintang yang pernah berlaga di liga papan atas Eropa (marquee player). MU merekrut Peter Osaze Odemwingie (35) yang saat ini berstatus free agent.

Odemwingie pernah membela Lille di Liga Prancis, Lokomotov Moskow, dan makin dikenal setelah membela tiga klub Liga Primer Inggris, yakni West Bromwich Albion, Stoke City, dan Cardiff City. Ia tampil pada Olimpiade 2008, Piala Afrika 2006, 2008, 2010 dan 2013, serta Piala Dunia 2010 dan 2014.

Menurut manajer MU Haruna Soemitro, Odemwingie akan diuji coba pada Cilacap Cup, 24 Maret. Rencananya, MU akan menghadapi Persija Jakarta.

"Di Cilacap Cup itu, nanti masyarakat pecinta sepak bola bisa menikmati pemain bintang Madura United," katanya kepada Antara di Pamekasan, Sabtu (18/3).

Haruna enggan menyebutkan nilai kontrak pemain bintang tersebut. Penyerang berkewarganegaraan Nigeria kelahiran Tashkent, Uzbekistan, terakhir bermain untuk klub Rotherdham United dan tim nasional Nigeria.

Haruna menjelaskan, selain untuk memenuhi permintaan suporter, keinginan klub mendatangkan pemain bintang kelas dunia, juga karena sudah diperbolehkan oleh PSSI.

Dalam regulasi kompetisi Liga 1 tahun ini, dalam satu klub bisa dihuni empat pemain asing dengan ketentuan, dua pemain dari negara mana saja, satu Asia, dan satu lagi berstatus marquee player atau pemain bintang yang pernah berlaga di liga papan atas Eropa serta pernah mengikuti Piala Dunia.

Ketentuan ini, tidak diwajibkan kepada para klub. Tapi jika klub ingin mendatangkan pemain bintang kelas dunia seperti dalam ketentuan PSSI itu, maka tidak dilarang.

"Pelatih menyampaikan jika menilik kebutuhan dan jika masih ada slot, Madura memang butuh striker juga. Dari sisi kebutuhan dan kemampuan Odimwingie masuk kriteria. Tetapi apakah dia akan cepat beradaptasi, kita lihat dalam rangkaian pertandingan di Cilacap nanti," tutur Haruna.

Cilacap Cup menjadi momentum bagi Madura United untuk menguji kekompakan dan kemampuan tim, dan oleh karenanya, klub sepak bola kebanggaan masyarakat Madura berjuluk Laskar Sapeh Kerrap mengikuti turnamen itu.

Seusai turnamen, MU dijadwalkan menggelar serangkaian uji coba dengan sejumlah klub. Antara lain menghadapi Persis Solo pada 28 Maret dan PSS Sleman pada 1 April.

Sumber : Antara