Ahad , 19 February 2017, 18:59 WIB

DPR Dukung Kebijakan Naturalisasi Erza Walian

Rep: Adrian Saputra/ Red: Andri Saubani
Twitter/@pssi_fai
Ketua Umum PSSI Letjen TNI Edy Rahmayadi (tengah) berfoto bersama Ezra Walian (kanan).
Ketua Umum PSSI Letjen TNI Edy Rahmayadi (tengah) berfoto bersama Ezra Walian (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Peluang striker tim muda Ajax Amsterdam, Erza Walian untuk mengenakan jersey timnas Indonesia semakin terbuka lebar. Setelah Presiden Joko Widodo merestui usulan naturalisasi pemain berdarah Indonesia-Belanda itu, kini giliran Komisi X DPR RI memberi dukungan agar Erza bisa merumput bersama skuat Garuda.

"Selama niatnya baik, dengan ketulusan untuk membantu merah putih ingin menjadi warga negara Indonesia tentu kami dukung," tutur Ketua Komisi X Teuku Riefky Harsya usai berkunjung ke Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Ahad (19/2).  Teuku menjelaskan, pembahasan terkait naturalisasi pemain berusia 19 tahun ini akan dilakukan oleh Komisi III dan X DPR RI.

Menurutnya, kesempatan bagi Erza untuk bergabung dengan skuat timnas Indonesia sangat terbuka. Erza yang sempat bermain untuk timnas Belanda U-15, U-16 dan U-18 itu diproyeksikan untuk bisa bergabung dengan skuat timnas U-22 mengikuti SEA Games 2017

"Tidak pernah ada satupun proses naturalisasi di DPR kita tolak setelah proses verifikasi telah dilakukan pemerintah. Kalau sudah di DPR tidak pernah lama, cukup rapat internal serahkan ke pimpinan dan kembalikan ke pemerintah," kata dia.   Pemain bernama lengkap Erza Harm Ruud Walian  memiliki garis keturunan Indonesia dari ayahnya yakni Glenn Walian yang berasal dari Manado.