Senin , 02 October 2017, 16:47 WIB

Ternyata Sulap Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rep: Sri Handayani/ Red: Elba Damhuri
ROL
Peragaan video sulap sains episode
Peragaan video sulap sains episode

REPUBLIKA.CO.ID, MIDDLESBROUGH -- Para perawat di Inggris menemukan cara bahwa belajar trik sulap sederhana dapat meningkatkan rasa percaya diri. Mereka pun mengajarkan hal tersebut kepada para pasien kesehatan mental.

Departemen Kesehatan Inggris (NHS) mengiklankan relawan pesulap untuk mengembangkan ikut serta dalam Projek Terapi Sulap ini. Para perawat mengatakan kehidupan para pasien kesehatan mental berubah setelah mereka berhasil memukau orang-orang yang mereka cintai dengan serangkaian kartu dan tongkat ajaib.

Telegraph melaporkan seorang pria tak mau berbicara selama empat tahun. Kini, ia menjadi pesulap ulung dan mampu membuat para penonton terpana dan berderai tawa.

Skema ini dimulai oleh Eamonn McClurey, pegiat dari komunitas kesehatan dan pembelajaran kesehatan difabilitas yang berpusat di Middlesbrough. "Sejak kecil saya selalu tertarik dengan sulap. Saya pemalu dan pendiam. Sulap membuat saya lebih percaya diri karena itu merupakan bakat yang unik," kata Eamonn seperti dikutip Daily Mail, Senin (2/10).

Sebelum terjun dalam dunia keperawatan, ia telah terlebih dahulu belajar sulap. Eamonn tak pernah membayangkan apapun hingga ia membaca sebuah laporan yang mengatakan bahwa belajar sulap dapat membantu fisioterapi.

"Jadi saya pikir mengapa tidak mencoba untuk pasien kesehatan mental. Saya melihat trik-trik sederhana dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika mereka melakukan itu di depan perawat dan pasien lain," kata dia.

Eamonn pun menyelenggarakan pelatihan dan konferensi tentang sulap yang disambut positif komunitas terkait. Ia mengiklankan proyek itu kepada para relawan pesulap yang ingin menghibur pasien dengan mengajarkan trik sederhana menggunakan koin, kain, atau kartu.

Eamonn bekerja sama dengan pesulap lokal Neil Armstrong dari Lingkaran Pesulap Middlesbrough. Ia mengaku program itu menunjukkan hasil yang mengagumkan. Seorang lelaki dengan autisme berhasil menguasai beberapa trik. Ia kini mempraktikkan trik-trik tersebut di depan para dokter.

"Ini soal mengajari mereka melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan orang lain. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri orang-orang yang selama ini berpikir mereka tidak berguna," kata Neil.

Menurut Eamonn, program ini berjalan baik dan NHS tidak perlu mengeluarkan biaya. Trik-trik sederhana itu juga memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan keterampilan motorik dan konsentrasi pasien.