Kamis, 03 Oktober 2013, 17:37 WIB

Lawan Cina, Timnas Indonesia Tanpa Kurnia Meiga

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Pesepakbola Chelsea Romelu Lukaku (kanan) berebut bola dengan penjaga gawang Kurnia Meiga pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (25/7).  (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Pesepakbola Chelsea Romelu Lukaku (kanan) berebut bola dengan penjaga gawang Kurnia Meiga pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (25/7). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Jacksen Ferreira Tiago terpaksa menyisihkan nama Kurnia Meiga dari daftar skuat yang akan diturunkan dalam laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Cina di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).

Timnas senior harus mengalah karena sang kiper difokuskan untuk melakukan persiapan bersama timnas U-23 menjelang SEA Games 2013, Myanmar. Dari daftar 24 pemain yang dirilis Badan Tim Nasional pada Kamis (3/10), Jacksen memanggil tiga penjaga gawang. Yakni I Made Wirawan (Persib Bandung), Choirul Huda (Persela Lamongan) dan Dian Agus Prasetya.

Dengan tak dipanggilnya Meiga, posisi kiper utama kemungkinan besar akan diembankan kepada I Made Wirawan. Maklum, sejak timnas senior berada di bawah asuhan Jacksen,  I Made memang menjadi pelapis Meiga. Jacksen selalu mengandalkan tenaga Meiga di bawah mistar gawang ketika Indonesia melakoni uji tanding melawan Belanda, Liverpool, Arsenal, dan Filipina.

Sekretaris BTN Sefdin Saefudin menjelaskan, Kurnia Meiga tidak diikutsertakan ke timnas senior karena jadwal pemusatan latihan antara timnas senior dan Timnas U-23 berdekatan. Timnas senior akan melakukan persiapan melawan Cina mulai Jumat (4/10) di Agrowisata Batu, Jawa Timur. Sementara pemusatan latihan Timnas U-23 direncanakan digelar pada Senin (7/10) di Yogyakarta.

"Jadi bukan karena Kurnia Meiga tidak terpilih. Dia diproyeksikan untuk SEA Games," kata Sefdin.

Jacksen belum bisa diminta komentarnya terkait nama-nama pemain yang telah disusunnya. Pelatih asal Brasil tersebut masih fokus mendampingi Persipura Jayapura yang melakoni laga persahabatan melawan klub Brasil, Santos FC, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (3/10) malam.