Senin , 05 August 2013, 17:05 WIB

Ungguli Barca & Madrid, Persib Klub Terbaik Sedunia

Rep: Umi Lailatul Ahdiyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Persib Bandung
Persib Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung terpilih menjadi klub sepak bola terbaik sedunia. Hebatnya, Persib mengalahkan sejumlah klub elite Eropa, seperti AC Milan, Arsenal, Manchester United, hingga duo raksasa La Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Berdasarkan voting pada pendukung klub sedunia yang dilakukan The Top Tens, hingga Senin (5/8), Persib masih menempati urutan pertama klub sepak bola terbaik sejagat.

Klub kebanggaan warga Kota Bandung ini memperoleh suara 16 persen, disusul Barcelona (14 persen), Real Madrid (14 persen), Manchester United (14 persen), dan Chelsea (delapan persen). Berbagai reaksi bermunculan atas penasbihan tersebut. Ada yang pro, tapi tak sedikit yang kontra.

Persib dinilai layak menjadi klub terbaik sedunia lantaran 'Maung Bandung' bukan sekedar klub sepak bola. Persib sudan mendarah daging dan menjelma menjadi sebuah tradisi bagi warga Sunda, khususnya Kota Bandung. Si Pangeran Biru punya pendukung jutaan. Klub ini juga dicintai secara turun temurun, mulai kakek-nenek, orang tua hingga anak-anak mencintai Persib.

Bahkan, pamor Persib tak hanya dikenal dikenal seantero negeri tapi juga dunia berkat pertandingan persahabatan dengan sejumlah klub papan atas Eropa, seperti AC Milan, Ajax, PSV, maupun Sampdoria. Persib juga pernah menjuarai liga domestik tanpa kehadiran pemain asing dan pelatih asing.

Pada kompetisi Liga Champions Asia 1995, Persib pernah melangkah ke perempat final. Sebuah prestasi fenomenal dan tertinggi untuk klub dari Asia Tenggara. Hebatnya, klub yang kini diarsiteki Djajang Nurjaman ini juga memiliki manajemen klub terbaik di Indonesia, dimana Persib tidak mendapatkan kucuran dana sepeser pun dari pemerintah.

Ada yang mendukung tentu ada yang menentang. Sejumlah fans klub Eropa menentang hasil tersebut. "Saya pikir Barcelona adalah yang terbaik di dunia. Dan saya harus katakan jika saya baru kali ini mendengar ada klub yang bernama Persib," tulis fans Barca di situs resmi The Top Tens.

Pernyataan senada datang dari fans The Blues Chelsea. "The Blues adalah tim yang tak terbendung. Pemenangnya klub (terbaik dunia) yang tak pernah aku dengar sebelumnya," tulis seorang fans London Biru.

Pengelola The Top Tens tak menapik jika hasil akhir voting akan memunculkan pro dan kontra. "Tak setuju dengan daftar pemenang? Pilih item yang Anda nilai layak untuk meraih peringkat lebih tinggi. Atau jika Anda log in, boleh tambahkan item baru untuk dipilih orang atau buat versi Anda sendiri untuk daftar ini," tulis pengelola situs The Top Tens.

Berikut daftar sepuluh besar klub terbaik dunia:

1. Persib Bandung (Indonesia) 16 persen
2. Barcelona (Spanyol)  14 persen
3. Real Madrid (Spanyol) 14 persen
4. Manchester United (Inggris) 14 persen
5. Chelsea (Inggris) 8 persen
6. Bayern Muich (Jerman) 6 persen
7. Galatasaray (Turki) 6 persen
8. AC Milan (Italia) 6 persen
9. Liverpool (Inggris) 5 persen
10.Arsenal (Inggris) 4 persen.