Sunday, 1 Safar 1436 / 23 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pemerintah Harus Tegas Sikapi Ejekan Malaysia

Friday, 30 November 2012, 16:01 WIB
Komentar : 2
Screenshot/YouTube/ROL
Adu lempar botor antara suporter Indonesia dan Malaysia usai laga pertama Grup B Piala AFF, Ahad (25/11/2012) di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.
Adu lempar botor antara suporter Indonesia dan Malaysia usai laga pertama Grup B Piala AFF, Ahad (25/11/2012) di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Anggota Komisi X DPR Tengku Mohammad Faisal Amin mengatakan pemerintah harus bersikap tegas terhadap ejekan suporter Malaysia yang beredar di situs Youtube.

"Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia harus bersikap tegas terhadap ejekan yang beredar di Youtube," katanya di Jakarta, Jumat.

Meski menuntut sikap tegas pemerintah, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengimbau kepada masyarakat baik yang ada di Tanah Air maupun di Malaysia untuk tetap tenang.

Dia berharap masyarakat Indonesia tetap mengedepankan sikap santun dan beradab meskipun menghadapi ejekan yang telah melukai persaudaraan olahraga internasional dan nasionalisme bangsa itu.

"Untuk suporter Indonesia yang berada di Stadion Bukti Jalil untuk menyaksikan laga Indonesia-Malaysia dalam ajang AFF, Sabtu besok, agar tetap menampilkan wajah Indonesia yang santun dan beradab," katanya.

Selain itu, dia juga menuntut Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) untuk bersikap tegas terhadap suporter Malaysia yang telah bersikap rasis dan menghina Indonesia.

"Sikap suporter Malaysia itu secara nyata telah melanggar Artikel 58 tentang Kode Disiplin FIFA yang memuat tentang diskriminasi dan rasis dalam sepakbola," katanya.

Dalam video yang diunduh di situs Youtube pada 27 November 2012, terlihat suporter Malaysia menyanyikan lagu yang dengan syair menghina Indonesia. Video berdurasi satu menit 48 detik itu telah dilihat lebih dari 100 ribu orang.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. ((QS. Al-Baqarah [2]:107))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Alhamdulillah, Partai Perdana Skuat Garuda Raih Poin, Ini Gol yang Tercipta
JAKARTA -- Meski sempat tertinggal dua kali dari tuan rumah Vietnam, skuat Indonesia berhasil memaksa tuan rumah berbagi skor 2-2 dalam laga perdana....