Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Batas Kesabaran Bobotoh Persib

Minggu, 29 April 2012, 06:24 WIB
Komentar : -1
Antara/Fahrul
Persib Bandung
Persib Bandung

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Tiga kekalahan beruntun yang dipetik Persib Bandung di putaran kedua, membuat Bobotoh kecewa. Ultimatum pun diberikan oleh pendukung fanatic Persib itu pada seluruh awak tim. “Menang atau tanggalkan baju kebesaran Maung Bandung,” begitulah penryataan sikap Bobotoh jelang laga kontra Persipura, Ahad (29/4).

Para Bobotoh meminta Zulkifli Syukur cs untuk bermain habis-habisan demi kemenangan kedua di puataran kedua. “Kami menyadari kekecewaan pendukung. Kami sendiri juga kecewa dengan hasil belakang, Tapi kami bertekad untuk bangkit,” kata kiper Persib Cecep Supriatna seperti dilansir situs resmi Persib.

Batas kesabaran pendukung Persib tidak terlepas performa melempemnya skuat asuhan Robby Darwis di putaran kedua LSI. Persib bahkan seperti kehilangan motivasi saat ditaklukkan Persiba Balikpapan di menit terakhir pertandingan.

Karenanya, batas akhir telah ditetapkan Bobotoh yakni laga lawan persipura Jayapura yang akan berlangsung di kandang sendiri. Jika kembali bermain buruk, mereka meminta seluruh elemen tim beranggung jawab.

Ultimatum dari para pendukung menjadi PR utama bagi pelatih Persib Robby Darwis. Mau tidak mau, kemenangan harus dipetik demi mencegah meluasnya kekecewaan pendukung.

Kendati akan menghadapi sang juara bertahan, para pemain Persib pun meyatakan siap bermain habis-habisan. “Kita harus berusaha maksimal, mengeluarkan segenap kemampuan kita untuk bisa menjalani situasi yang ada saat ini,” kata penyerang Persib Aliyudin.

Di laga ini, Robby  akan kembali menurunkan Nooh "Along" Alam Shah di lini depan Maung Bandung. Saat ditaklukkan Arema pekan lalu, nama penyerang asal Singapura itu diparkir Robby. Kini pemain yang akrab dipanggil Along itu dihadapkan pada pembuktian statusnya sebagai salah satu pemain "mahal" Maung Bandung.

Selain Along, Persib juga akan mengandalkan kecepatan Muhammad Ilham dan Atep dikedua sisi sayap. Sedangkan ketangguhan Maman Abdurrahman menjadi asa publik Siliwangi untuk melumpuhkan kecepatan lini depan Persipura.

Ujian bagi Persib sendiri makin berat bila merujuk catatan rekor pertemuan mereka dengan persipura. Dari lima pertemuan terakhirnya, tidak sekalipun Persib memetik kemenangan. Sebaliknya, Persipura tiga kali sukses meraih kemenangan yang salah satunya terjadi di putaran pertama lewat kemenangan telak 4-0.

Persipura sendiri tengah diliputi persoalan intern tim jelang laga ke Bandung. Adalah kisruh soal status Titus Bonai di tim yang hingga kini belum menemui kejelasan. Kabar menyebut, Tibo—begitu sapaan akrabnya—sengaja mangkir memperkuat tim.

Walau diliputi gonjang ganjing seiputar Tibo, Persipura tetap mampu memelihara grafik penampilannya yang mampu menyapu bersih kemenangan di putaran kedua Liga Super Indonesia. Persipura pun tidak terkalahkan di lima laga terakhirnya.

Kemenangan atas Persib jadi bidikan pelatih Jackson F Thiago untuk mengejar Sriwijaya FC di puncak klasemen. “Melawan persib tidak akan mudah terutama bermain di kandang mereka. Tapi kami memohon doa dari seluruh pendukung agar tim ini mampu meraih hasil maksimal di sana,” ujar Jackson kepada wartawan, sabtu (28/4).

Untuk memaksimalkan tiga angka di Bandung, Persipura akan menurunkan trio Zah rahan, Boaz Solossa, dan Alberto Goncalves sejak menit pertama. Saat ini Persipura bertengger di peringkat dua klasemen sementara dan hanya kalah selisih gol dari Sriwijaya FC di puncak.

Kemenangan akan membuat tim Mutiara Hitam memuncaki klasemen sementara LSI. Sebaliknya, tiga kekalahan beruntun yang dipetik Persib di dua pekan terakhir membuat Maung Bandung terperosok ke peringkat Sembilan

Reporter : Abdullah Sammy
Redaktur : Heri Ruslan
Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafaat dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong. (QS.Al-Baqarah [2]:48)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  bekoy Rabu, 2 Mei 2012, 09:48
bukan masalah putra jabar atw tdk.ini sepak bola modern.masalahnya adalah pelatih layak ataw tdk.kalau persib bagus dan juara yg bangga juga kan pendukung persib
  acerbis Minggu, 29 April 2012, 11:07
kalau kita melihat kebelakang, persib hebat karena mainnya atas dasar hati, dan penghuninya adalah asli orang pilihan jawa barat, bravo jawa barat
  raka Minggu, 29 April 2012, 11:05
harus ada pelatih seperti pep
  A BURHAN Minggu, 29 April 2012, 10:38
bagi para pemain persib coba liat dong cara permainan barcelona. Gaya yg cepat dan operan yang cantik....persib yakin bakal bangkit kalau pemainnya kompak......wasalam
  Ir'ram Bobotoh ciandzoer Minggu, 29 April 2012, 08:16
Ayo.. Persib jebol gawang persipura ..... ku yakin hari ini pasti menang.....