Senin , 13 January 2014, 23:51 WIB

Arema Tundukkan Persija Jakarta

Red: Julkifli Marbun
ligaindonesia.co.id
Arema Cronous
Arema Cronous

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Arema Cronus Indonesia menyempurnakan kemenangannya selama babak penyisihan perhelatan Inter Island Cup setelah menundukkan Persija Jakarta 2-0 di Stadion Kanjuruhan Kepan jen, Kabupaten Malang, Senin malam.

Dua gol Arema yang bersarang ke gawang Persija yang dikawal Andry Tani diborong oleh Alberto Goncalves pada menit ke-31 dan ke-63.

Sejak menit awal babak pertama, para pemain Arema langsung menggempur lini pertahanan Persija. Namun, kokohnya benteng pertahanan anak asuh Benny Dollo itu menyulitkan para pemain Arema menerobos hingga area kotak terlarang.

Tekanan dan serangan yang terus dibangun anak Singo Edan selalu patah di kaki para pemain Persija. Sepanjang pertandingan, pemain Persija tak membuka ruang sedikit pun bagi pemain Arema untuk bisa bebas menjelajah area pertahanan.

Pemain Persija menerapkan permainan bertahan, sehingga menumpuk 8 sampai 9 pemain di area pertahanan. Anak asuh Benny Dollo itu hanya sekali-kali melakukan serangan balik dan mampu mengancam gawang Arema yang dikawal Achmad Kurniawan.

Sejumlah peluang emas Arema tak mampu dikonversi menjadi sebuah gol. Demikian juga beberapa peluang Persija yang lahir dari kaki Rohid Chan juga berhasil ditepis Achmad Kurniawan, sehingga tidak mengubah kedudukan.

Pada menit ke-31, Gilang Ginarsa mengirimkan umpn silang cukup manis pada Alberto Goncalves yang sudah berhadapan dengan kiper Persija Andry Tani. Tandukan Alberto Goncalves tak mampu diamankan Andry Tani dan skor berubah menjadi 1-0 hingga wasit Kusni meniup peluit panjangnya tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Suharno tidak puas dengan hasil 1-0 dari anak asuhnya. Suharno mengganti beberapa pemainnya, yakni Rendy Ramang digantikan Hendro Siswanto, Sunarto menggantikan Alberto Goncalves dan Dendy Santoso menggantikan Irsyad Maulana.

Sementara pergantian pemain juga terjadi di kubu Persija. Benny Dollo menarik Firmansyah dan digantikan Dany, Ismed Sofyan diganti Mardiansyah dan Elli Eboy diganti A. Lestaluhu.

Dominasi Arema pada babak kedua terus berlanjut, namun rapatnya pertahanan Persija dan licinnya lapangan akibat guyuran hujan di sepanjang pertandingan membuat para pemain Arema kesulitan mengembangkan permainannya.

Bahkan, Persija pun hanya mengandalkan sesekali serangan balik dan bertahan total selama pertandingan. Kesempatan menggandakan keunggulan seberapa kali tercipta, namun yang bisa dikonversi menjadi sebuah gol baru terjadi pada menit ke-63.

Umpan tarik yang dikirimkan Irsyad Maulana disudut yang sempit tak disia-siakan Alberto Goncalves, dan akhirnya Goncalves menambah pundi-pundi golnya karena Andry Tani sudah mati langkah untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan untuk kedua kalinya.

Menit-menit akhir babak kedua, tensi permainan kedua tim mulai menurun. Hingga tambahan waktu dua menit pada 45 menit babak kedua usai, skor masih tetap 2-0.

Kemenangan Arema atas Persija, semakin mengokohkan posisi Arema di puncak klasemen penyisihan IIC 2014 grup Jawa-2 yang digelar di Stadion Kanjuruhan mulai 10-13 Januari 2014.

Sementara Persela yang mampu menundukkan Persepam dengan skor 2-0 menduduki posisi "runner up" dengan raihan poin 4, Persija di posisi ketiga dengan perolehan poin 2 dan Persepam Madura United di posisi juru kunci dengan raihan poin 1.

Pada babak delapan besar nanti, Arema berada di grup A bersama juara grup Sumatera, kalimantan dan Sulaw esi/Papua.

Sumber : Antara