Sunday, 29 Safar 1436 / 21 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Rusuh Usai Laga Persija vs Persipura, Suporter Papua Minta Maaf

Wednesday, 08 February 2012, 18:36 WIB
Komentar : 1
Antara/Regina Safri
Ribuan suporter saling lempar dan saling pukul pada pertandingan Indonesia Super League (ISL) antara Persija Jakarta dan Persipura Jayapura di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (7/2).
Ribuan suporter saling lempar dan saling pukul pada pertandingan Indonesia Super League (ISL) antara Persija Jakarta dan Persipura Jayapura di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (7/2).

REPUBLIKA.CO.ID, Yogyakarta - Suporter sepakbola Persipura yang juga mahasiswa asli Irian yang ada di Yogyakarta mengunjungi Markas Polisi Resort Kota Yogyakarta, Rabu (8/2) siang. Kunjungan itu adalah koordinasi dengan pihak Polresta dan Kodim terkait keamanan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perwakilan dari mahasiswa Papua di Yogya, Damianus mengungkapkan, pertemuan ini murni koordinasi agar kejadian-kejadian seperti kerusuhan pasca pertandingan sepakbola antara Persipura melawan Persija Jakarta tidak terulang lagi.

Selain itu, Damianus sebagai senioritas mahasiswa Papua di Yogya menyampaikan permintaan maaf pada seluruh masyarakat Yogyakarta. "Kita minta maaf pada pihak keamanan, warga Yogya, dan pemerintah daerah," kata dia di Polresta Yogyakarta, Rabu (8/2).

Menurut Damianus, orang Papua yang terlibat kerusuhan pasca pertandingan itu bukanlah rombongan suporter di bawah koordinasi asrama Papua di Jalan Kusumanegara. Pasalnya, suporter yang berangkat dari asrama Papua masih tertib sampai akhir.

Damianus mengaku, pihaknya mengkoordinasi rombongan suporter yang berangkat dari asrama mahasiswa Papua dengan jumlah 500an orang. Ia juga menekankan  bentrokan tersebut bukan dipicu karena kekalahan yang diderita Persipura atas Persija.

Kejadian pasca pertandingan itu, ujarnya, murni kekacauan. Jikapun karena pertandingan, tambah dia, suporter Persipura mania jumlahnya lebih banyak daripada Jackmania. Hampir 70 banding 30 persen. Atas kerusuhan tersebut, Damianus mengaku, setidaknya 5 orang terluka dari pihak Persipura mania.

Reporter : Agus Raharjo
Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW Islam manakah yang paling baik? Rasulullah bersabda: Memberikan makanan, mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Upaya Pembunuhan Kim Jong Un, Film Ini Batal Putar
WASHINGTON DC -- Sony Pictures diperkirakan rugi sekitar 100 juta dolar karena batalnya pemutaran film "The Interview" akibat ancaman serangan ke bioskop-bioskop yang...