Rabu , 13 September 2017, 12:51 WIB
Liga Champions

Guardiola Ungkap Alasan tak Bawa Toure ke Markas Feyenoord

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
EPA/HANNAH MCKAY
Yaya Toure
Yaya Toure

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Pelatih Pep Guardiola tidak akan menyertakan gelandang Yaya Toure dalam skuat Manchester City saat melawan ke markas Feyenoord di De Kuip, Rotterdam pada laga pembuka Grup E Liga Champions, Kamis (14/9) dini hari WIB.

Gelandang timnas Pantai Gading ini belum bermain sekali pun dalam empat laga pembuka City di Liga Primer Inggris. Ia juga tidak diturunkan di bangku cadangan pada laga kemenangan 5-0 atas Liverpool, Sabtu (9/9).

"Ini keputusan olahraga. Tapi keputusannya adalah dia tidak bermain dalam pertandingan terakhir, dan hari ini dia tidak berada dalam skuat dan dia tahu alasannya," kata Guardiola, dilansir dari ESPN, Rabu (13/9).

Guardiola mengatakan, Toure berperan sangat penting musim lalu. Di saat enam pemain lainnya mengakhiri kontrak mereka, Toure menjadi satu-satunya pemain yang tetap tinggal di City. Karena menurut Guardiola, dia adalah pemain yang istimewa.

Hubungan antara Guardiola dan Toure terkadang memiliki ketegangan. Pelatih asal Spanyol ini menjual Toure ke City saat masih melatih Barcelona. Musim lalu, Guardiola juga menolak untuk memainkan pemain berusia 34 tahun itu setelah munculnya komentar bernada kritikan dari agen Toure, Dimitri Seluk.

Namun, Toure kemudian meminta maaf dan menjadi pemain kunci bagi skuat Guardiola. Ia mendapatkan kesempatan baru. Sementara Guardiola mengatakan, bahwa Toure tetap merupakan bagian dari rencananya. Pelatih berusia 46 tahun ini berharap Toure akan segera bermain.

"Mudah-mudahan, itu tergantung pemainnya. Saya selalu senang, tapi tentu saja saya menuntut sebanyak mungkin. Saya ingin lebih, tidak hanya dari Yaya. Saya ingin lebih dari semua pemain," ungkapnya.

Sementara itu, Vincent Kompany juga telah ditinggalkan dari skuat karena cedera betis. Sedangkan kiper Ederson Moraes tengah dalam persaingan untuk mendapatkan tempat di skuat, meskipun ia mengalami cedera wajah saat laga melawan Liverpool.