Rabu , 13 September 2017, 13:03 WIB

Klopp Ingin Bayar Utang Kekalahan Liverpool dari Sevilla

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Uwe Anspach/dpa via AP
Juergen Klopp
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool harus segera melupakan kekalahan telak 0-5 dari Manchester City di pentas Liga Primer Inggris akhir pekan lalu. Tim besutan Juergen Klopp dituntut bersiap untuk meladeni kekuatan Sevilla pada laga pembuka Grup E Liga Champions yang digelar di Anfield Stadium, Kamis (14/9) dini hari WIB.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp memotivasi para pemainnya dengan mengingatkan sejarah setahun lalu. Pada final Liga Europa 2015/2016, the Reds ditekuk Sevilla dengan skor 1-3. Laga putaran grup ini akan dijadikan ajang revans bagi Liverpool.

"Dengan Sevilla, ada utang yang belum lunas. Saya bilang seperti. Tapi kita semua tahu seberap bagus mereka di kompetisi Eropa," kata Klopp dilansir laman resmi klub, Senin (11/9).

Ini adalah penampilan pertama Liverpool di Liga Champions setelah absen selama dua musim dari pentas perebutan Si Kuping Besar. Klopp berharap bahwa penampilan anak asuhnya berbuah positif untuk kembali meningkatkan rasa percaya diri mereka.

"Saya harap ini akan menjadi hal yang baik bagi kami. Kemenangan dari hasil ini tentu bakal meningkatkan rasa percaya diri tim," sambung pelatih asal Jerman.

Klopp menilai kekalahan telak dari City bisa dijadikan pelajaran bagi skuat Bangau Merah untuk berbuat lebih baik.

The Anfield Gank bergabung di Grup E bersama Spartak Moskow, Sevilla, dan NK Maribor. Menurut Klopp, meski timnya terhindar dari grup neraka, tetapi dia tetap mewaspadai calon lawan-lawannya. Dia pun paham dengan sejarah Sevilla yang lumayan bersinar di Eropa dan cukup menyulitkan tim-tim besar.

Liverpool beruntung masih bisa mengandalkan Sadio Mane. Penyerang asal Senegal yang mendapatkan kartu merah saat bertemu City itu bisa tampil di Liga Champions. Adapun playmaker Philippe Coutinho diprediksi akan turun pertama kali musim ini setelah absen dalam beberapa laga. Kehadiran pemain asal Brasil itu menambah improvisasi permainan The Reds di lini serang.

"Itu adalah keputusan yang dibuat dengan mempertimbangkan musim. Dia kembali dari penerbangan yang panjang, setelah dua penampilan pengganti dan tiga pekan tanpa latihan. Ya, dia akan tersedia," kata Klopp.