Rabu 06 Jun 2018 12:41 WIB

Keita Doakan Ada Tim Afrika Maju ke Semifinal Piala Dunia

Naby menjagokan Nigeria sebagai tim yang bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2018.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Pemain RB Leipzig Naby Keita (tengah) menerobos pertahanan AS Monaco dalam pertandingan Liga Champions di Monaco, Rabu (22/11) dini hari WIB. Monaco kalah 1-4 dan tersingkir dari LIga Champions.
Foto: EPA-EFE/SEBASTIEN NOGIER
Pemain RB Leipzig Naby Keita (tengah) menerobos pertahanan AS Monaco dalam pertandingan Liga Champions di Monaco, Rabu (22/11) dini hari WIB. Monaco kalah 1-4 dan tersingkir dari LIga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Gelandang Liverpool Naby Keita berharap tim-tim asal Benua Afrika tampil menggigit di helatan akbar Piala Dunia 2018 Rusia. Pemain asal Guinea itu ingin salah satu dari Nigeria, Senegal, Maroko, Tunisia, dan Mesir ada yang melaju sampai babak semifinal.

"Piala Dunia adalah turnamen yang sulit bagi tim-tim Afrika. Tapi kami harus belajar dari kesalahan," kata Keita dikutip dari African Football, Rabu (6/6).

Pemain yang musim lalu masih membela Leipziq itu mengingatkan prestasi terbaik timnas dari Benua Afrika terjadi di Piala Dunia 2010 lalu ketika Ghana mampu lolos sampai babak perempat final. Kamerun melakukan hal itu pada Piala Dunia 1990 dan Senegal di Piala Dunia 2002.

Dari lima negara Afrika yang ikut Piala Dunia Rusia, Naby menjagokan Nigeria sebagai tim yang bisa melangkah jauh di Piala Dunia. Di mata pemain 23 tahun itu, Nigeria berisi pemain-pemain hebat perpaduan pemain Liga Afrika dan Liga Eropa. Nigeria akan dipimpin oleh bekas pemain Chelsea John Obi Mikel.

Naby menyayangkan negaranya, Guinea, tidak loos ke Piala Dunia. Hal ini menjadi motivasi bagi dirinya agar di Piala Dunia berikutnya Guinea bisa menjadi salah satu wakil Afrika di pentas Piala Dunia. "Sayang sekali Guinea tidak menjadi bagian dari Piala Dunia Rusia," ujar Keita.

Tim-tim Afrika tergabung ke dalam grup-grup yang sulit di Piala Dunia 2018 Rusia. Mesir tergabung di Grup A bersama tuan rumah Rusia, Uruguay, dan Arab Saudi.

Maroko di Grup B akan menghadapi Spanyol, Iran, dan Portugal. Di Grup D, Nigeria akan bertemu Kroasia, Argentina, dan Islandia. Tunisia bersama Belgia, Inggris, dan Panama di Grup G. Terakhir, Senegal akan berjibaku dengan Jepang, Polandia, dan Kolombia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement