Jumat 01 Jun 2018 07:47 WIB

Zidane Bisa Saja Gantikan Deschamps Latih Timnas Prancis

Namun Deschamps memprediksi masa depan karier Zidane tersebut bukan pada saat ini.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Didier Deschamps.
Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Didier Deschamps.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Keputusan Zinedine Zidane meninggalkan kursi pelatih Real Madrid di Santiago Bernabeu diyakini berdampak bagi masa depan timnas Prancis. Pelatih Les Blues Didier Deschamps mengatakan, ada kemungkinan Zidane menggantikan perannya di kursi kepelatihan timnas Prancis.

Namun Deschamps memprediksi masa depan karier Zidane tersebut bukan pada saat ini. "Dia (Zidane) akan menjadi pelatih Prancis pada titik tertentu. Kapan? Saya tidak bisa mengatakan. Tapi itu satu yang logis dan akan terjadi," ujar dia seperti dikutip dari ESPN, Jumat (1/6).

Deschamps mengaku terkejut mendengar keputusan Zidane yang hengkang dari Real Madrid pada Kamis (31/5). Menurut dia, tak ada yang membayangkan Zidane hengkang dari Bernabeu setelah sukses memberikan gelar tertinggi bagi Los Blancos sebagai tim terhebat di Eropa selama tiga musim berturut-turut. "Saya tidak mengerti apa yang dipikirkannya saat ini," kata dia.

Namun Deschamps meyakini saat ini Zidane sedang menikmati kembali nama besarnya, kali ini sebagai seorang pelatih. "Untuk saat ini saya pikir ia hanya ingin menikmati apa yang telah ia lalui. Bersama keluarga dan orang-orang yang ia cintai," jelasnya.

Deschamps pun memahami, keputusan Zidane hengkang dari Madrid tersebut akan dikaitkan banyak pihak dengan nasibnya sebagai pelatih timnas Prancis saat ini. Bagi dia, situasi tersebut sah dan tak mengganggunya.

photo
Zinedine Zidane

Deschamps percaya, jika prediksinya benar, itu tak akan terjadi sebelum Piala Dunia 2018. Kejadian itu bisa saja pasca-Piala Dunia. "Tapi saya tetap fokus tentang apa yang akan terjadi bersama tim saya (Prancis)," ujar dia.

Paling dekat, kata Deschamps, Prancis akan melakoni laga persahabatan internasional melawan Italia pada Jumat (1/6) waktu setempat. Deschamps dan Zidane sebetulnya punya periode yang sama saat keduanya masih aktif sebagai pemain. Keduanya legenda timnas saat membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Keduanya pun akhirnya sama-sama melanjutkan karier sepak bolanya sebagai pelatih.

Deschamps sejak 2012 menjadi pelatih timnas Prancis. Sedangkan Zidane melatih tim senior Real Madrid sejak Rafael Benitez dipecat pada awal 2016 lalu. Kontrak Deschamps sebagai pelatih skuat Ayam Jago bakal berakhir 2020 mendatang. Tetapi, pelatih 49 tahun itu mengatakan, apa pun bisa terjadi usai Piala Dunia 2018 nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement