Kamis 17 May 2018 01:43 WIB

Southgate Akui Keputusan Sulit Coret Joe Hart dan Bertrand

Apalagi, mereka tampil cukup menawan sepanjang kualifikasi menuju Rusia.

Joe Hart.
Foto: EPA/Andy Rain
Joe Hart.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengatakan, tak memasukkan kiper Joe Hart dan bek Ryan Bertrand dari skuat Piala Dunia 2018 sebagai salah satu momen terberatnya sebagai manajer. Apalagi, mereka tampil cukup menawan sepanjang kualifikasi menuju Rusia.

Hart telah membela Inggris 75 kali. Ia merupakan penjaga gawang pilihan pertama dalam tiga turnamen terakhir. Nama Hart tergusur oleh Jordan Pickford (Everton), Jack Butland (Stoke City) dan Nick Pope (Burnley) yang akan bersaing untuk menjadi pilihan utama di Rusia.

"Ryan dan Joe telah bermain banyak selama dua tahun terakhir sehingga keputusan tentang mereka tidak kami ambil dengan enteng," kata Southgate.

Southgate beralasan, tiga kiper yang dicantumkannya menjalani musim yang sangat bagus di Liga Primer Inggris. Berbeda dengan Hart, meskipun tampil apik sepanjang kualifikasi dan paling berpengalaman. Hart tampil 19 kali di Liga Primer Inggris sebagai kiper pinjaman West Ham United dari Manchester City. Ia kebobolan 39 gol dan hanya mencatatkan empat clean sheet. 

Southgate merasa ia harus mengambil keputusan berdasarkan penampilan mereka sepanjang musim ini.

"Mereka berdua baik dan telah berkontribusi banyak selama kualifikasi, jadi itu bukan bagian yang menyenangkan dari pekerjaan saya. Saya merasa penting untuk mengakui kontribusi mereka dalam membawa kami ke Rusia," kata Southgate mengenai Hart dan Bertrand.

Bertrand mencatatkan 19 caps dan merupakan salah satu  pemain paling konsisten di Southampton musim ini. Ia tak banyak melakukan kesalahan ketika dipilih secara reguler oleh Southgate dalam pertandingan Inggris pada kualifikasi.

Akan tetapi, Southampton yang finis di posisi ke-17 dan nyaris terdegradasi tampaknya menjadi pertimbangan Southgate. Bertrand kalah bersaing dengan Ashley Young (Manchester United) dan Danny Rose (Tottenham Hotspur). Masih ada Fabian Delph (Manchester City), gelandang yang juga dapat bermain sebagai bek kiri.

Skuat Inggris pada Piala Dunia 2018

KIPER: Jordan Pickford (Everton), Jack Butland (Stoke), Nick Pope (Burnley)

BEK: John Stones (Manchester City), Gary Cahill (Chelsea), Phil Jones (Manchester United), Harry Maguire (Leicester), Kyle Walker (Manchester City), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ashley Young (Manchester United), Danny Rose (Tottenham), Kieran Trippier (Tottenham)

GELANDANG: Eric Dier (Tottenham), Jordan Henderson (Liverpool), Dele Alli (Tottenham), Ruben Loftus-Cheek (Chelsea), Jesse Lingard (Manchester United), Raheem Sterling (Manchester City), Fabian Delph (Manchester City)

PENYERANG: Harry Kane (Tottenham), Jamie Vardy (Leicester), Danny Welbeck (Arsenal), Marcus Rashford (Manchester United)

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement