Rabu , 04 October 2017, 11:54 WIB

Federasi Sepak Bola Spanyol: Pique Tetap di Timnas

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/RODRIGO JIMENEZ
Gerard Pique (tengah) saat menjalani latihan bersama timnas Spanyol di Las Rojaz, Madrid, Selasa (3/10).
Gerard Pique (tengah) saat menjalani latihan bersama timnas Spanyol di Las Rojaz, Madrid, Selasa (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelaksana tugas Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Juan Luis Larrea menjamin tempat bagi Gerard Pique di skuat tim Matador. Larrea mengatakan, meski Pique jadi tokoh yang prokemerdekaan Katalunya, pemain milik Barcelona itu akan tetap jadi bagian dari timnas Spanyol.

"Pique tidak akan meninggalkan kami. Kecuali jika dia cedera. Sepanjang dia baik-baik saja maka ia akan tetap berada di dalam skuat," kata Larrea dikutip dari AS, Rabu (5/10).

Pemimpin sementara RFEF pascaditangkapnya presiden federasi sebelumnya, Angel Mara Villar ini menegaskan, Pique bukanlah masalah bagi sepak bola Spanyol. Menurutnya, tak benar jika pemain 30 tahun itu jadi duri di dalam skuat La Roja hanya karena sikap vokalnya terhadap kemerdekaan Katalan.

Larrea memastikan, atmosfer di ruang ganti Spanyol baik-baik saja dengan kehadiran Pique. "Saya tak melihat ada yang salah. Kami semua kompak di dalam dan Pique bukanlah masalah," kata Larrea.

Pique dianggap publik Spanyol sebagai sosok berpengaruh yang ikut mendorong kemerdekaan Katalunya. Saat referendum digelar akhir pekan lalu, mantan bek Manchester United ini ikut memberikan suara.

Ketika mengikuti sesi latihan sejak Senin (3/10) jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2018, Pique selalu mendapat teriakan dari pada pendukung timnas Spanyol. Pique bahkan sempat emosional dan menyatakan siap mundur dari Tim Matador jika memang kehadirannya menganggu.

Baca juga: Skuat Timnas Spanyol Enggan Bahas Pique dan Katalunya