Rabu , 04 October 2017, 07:28 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Skuat Timnas Spanyol Enggan Bahas Pique dan Katalunya

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
REUTERS/Vincent West
Gerard Pique
Gerard Pique

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Para penggawa timnas Spanyol mulai muak dengan percakapan mengenai perilaku Gerard Pique yang sangat prokemerdekaan Katalunya. Gelandang La Roja, Thiago Alacantara mengatakan, sudah saatnya pertanyaan yang dilontarkan kepada mereka soal Pique dihentikan.

Menurut Alcantara, seperti apa pun jawaban mereka tidak akan mengubah cara pandang Pique terkait kemerdekaan Katalunya. Meski demikian, eks rekan Pique di Barcelona ini menjamin, bek 30 tahun tersebut tetap menunjukkan komitmen bagi timnas Spanyol, kapan pun dan dimana pun.

"Dia tidak akan pernah berubah. Jadi sudahlah, ini sangat mengganggu kami karena kami hadir di sini (konferensi pers) bukan untuk membicarakannya," kata Alcantara jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Albania, Rabu (4/10), dikutip Reuters.

(Baca: Pique Dicemooh Penggemar Saat Berlatih dengan Timnas Spanyol)

Di saat yang sama, pemain timnas Spanyol lainnya, Koke mengatakan hal serupa. Koke meminta agar fokus pembahasan lebih ke arah timnas.

Menurutnya, nasib timnas yang sedang berjuang menuju Piala Dunia di Rusia lebih penting ketimbang membahas sikap Pique. "Kami tak mau berdebat soal politik. Kami fokus melawan Albania karena itulah yang seharusnya kami pikirkan sebagai pesepakbola," tegas gelandang milik Atletico Madrid ini.

Pique dianggap publik Spanyol sebagai sosok berpengaruh yang ikut mendorong kemerdekaan Katalunya. Saat referendum digelar akhir pekan lalu, mantan bek Manchester United ini ikut memberikan suara.

Pique juga dikenal sangat vokal menyuarakan kemerdekaan Katalunya. Tindakan ini membuatnya selalu mendapat cemoohan dari para pendukung timnas Spanyol setiap kali berada di lapangan.