Selasa , 03 October 2017, 13:05 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Pique Dicemooh Penggemar Saat Berlatih dengan Timnas Spanyol

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/Chema Moya
Gerard Pique (kedua kiri) bercengkrama dengan Jordi Alba dalam latihan timnas Spanyol di Las Rozas, Madrid, Senin (2/10).
Gerard Pique (kedua kiri) bercengkrama dengan Jordi Alba dalam latihan timnas Spanyol di Las Rozas, Madrid, Senin (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Ketegangan politik di Katalunya merembek ke sepakbola. Bek Barcelona, Gerard Pique mendapat siulan dari para penggemar timnas Spanyol saat ia ambil bagian dalam sesi latihan La Roja di Madrid pada Senin (2/10). Itu terjadi sehari setelah ia secara terbuka menyatakan siap meninggalkan timnas Spanyol andai dianggap mengganggu keharmonisan tim.

Juara Piala Dunia 2010 ini dicemooh oleh para penggemar, saat dia memasuki lapangan latihan di Las Rozas, di luar kota Madrid. Sementara penggemar yang lainnya mengangkat spanduk yang berisi pesan hasutan yang diarahkan kepada bek berusia 30 tahun tersebut. Petugas kepolisian dan petugas keamanan setempat kemudian menghapus beberapa tanda tulisan yang mencemooh Pique.

"Pigue jangan pergi, saya ingin Anda ditendang keluar. Anda membuat saya sakit." Tulisan ini terlihat di spanduk yang dibawa para penggemar. Sementara yang lainnya bertuliskan, "Pique keluar".

El Pais, seperti dilansir dari ESPN, Selasa (3/10), melaporkan bahwa sekitar 200 dari 1.000 penggemar yang hadir melantunkan nyanyian selama sesi pelatihan ringan, yang hanya berlangsung sekitar 20 menit. Sebelum akhirnya, Pique dan sebagian besar pemain menarik diri dari sesi latihan itu.

Pique vokal dalam mendukung referendum dari upaya Katalunya memisahkan diri dari Spanyol. Melalui media sosial awal pekan ini, Pique menyuarakan hak masyarakat untuk menentukan nasibnya sendiri. Hal itu sontak memicu berbagai kritikan dari penggemar dan pers olahraga di Spanyol.

Setelah laga di Camp Nou, Pique juga mengatakan bahwa dia siap untuk keluar dari timnas Spanyol, jika kehadirannya dianggap sebagai masalah oleh pelatih Julen Lopetegui.

"Jika ada yang percaya saya adalah masalah bagi federasi, saya akan minggir dari tim nasional sebelum Piala Dunia (di Rusia musim panas mendatang). Pergi dengan tim nasional bukanlah sebuah kompetisi dalam patriotisme, ini tentang mencoba bermain sebaik mungkin," kata Pique.

Pique telah mencatat 91 penampilan untuk timnas Spanyol dan ia juga merupakan anggota tim yang memenangkan Piala Dunia 2010 dan Piala Europa 2012. Spanyol sementara ini memimpin Grup G. Mereka akan menyelesaikan kualifikasi Piala Dunia dengan pertandingan melawan Albania dan Israel pada 6 dan 9 Oktober.