Sabtu , 30 September 2017, 06:06 WIB

Korsel Lengkapi Tim Putaran Final Piala Asia U-16

Red: Endro Yuwanto
Twitter/@pssi_fai
Gelandang timnas Indonesia U-16, Amanar Abdillah mencetak gol ke gawang Thailand pada laga kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (20/9). Indonesia menang 1-0.
Gelandang timnas Indonesia U-16, Amanar Abdillah mencetak gol ke gawang Thailand pada laga kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (20/9). Indonesia menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Korea Selatan (Korsel) menjadi tim terakhir yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018 setelah menaklukkan Cina dengan skor 1-0. Korsel pun menjadi juara Grup H sekaligus melengkapi 16 tim peserta turnamen itu.

Dikutip dari laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Jumat (29/9), hasil tersebut juga membuat Cina gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-16 tahun depan.
Adapun ke-16 tim peserta Piala Asia U-16 2018 terdiri dari 10 juara grup, lima peringkat dua terbaik, dan tuan rumah Malaysia.

Para juara grup itu adalah Yordania (Grup A), Tajikistan (Grup B), Iran (Grup C), Irak (Grup D), Yaman (Grup E), Korea Utara (Grup F), Indonesia (Grup G), Korea Selatan (Grup H), Australia (Grup I), dan Jepang (Grup J). Sementara, lima runner up terbaik yaitu India (Grup D), Oman (Grup B), Thailand (Grup G), Vietnam (Grup I), dan Afghanistan (Grup C).

Indonesia berhasil melaju ke putaran final setelah tampil sempurna di Grup G dengan empat kemenangan dari empat pertandingan di babak kualifikasi. Anak-anak asuh Fakhri Husaini tersebut mencatatkan kemenangan dari Kepulauan Mariana Utara dengan skor 18-0, Timor Leste 3-1, Thailand 1-0, dan Laos 3-0.

Jika berhasil menjadi semifinalis di kejuaraan yang digelar pada 20 September hingga 7 Oktober 2018 di Malaysia itu, Indonesia dapat melaju ke Piala Dunia U-17 2019.

Di pembagian grup Piala Asia U-16 2018, Indonesia berada di pot terakhir atau pot 4 bersama Tajikistan, Korea Selatan, dan Yordania. Pot 1 dihuni Irak, Iran, Jepang, dan tuan rumah Malaysia. Di pot 2 ada Korea Utara, Oman, Vietnam, dan Afghanistan. Sementara di pot 3 ada Yaman, India, Thailand, dan Australia.

Sumber : Antara