Thursday, 26 Safar 1436 / 18 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Data dan Fakta Pelatih Baru Timnas Brasil

Friday, 30 November 2012, 18:19 WIB
Komentar : 1
AP
Luiz Felipe Scolari
Luiz Felipe Scolari

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF) menunjuk Luiz Felipe Scolari menjadi pelatih Timnas Brazil. Pelatih yang membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 diharapkan mampu mengulang sejarah pada Piala 2014. Apalagi Piala Dunia edisi mendatang bakal digelar di Brasil.

Seperti dinukil dari Reuters, berikut data dan fakta pelatih yang lahir pada 9 November 1948 di Passo Fundo, Rio Grand do Sul, Brasil tersebut.

KARIR PEMAIN
* Bermain di berbagai klub Brazil, dikenal reputasanya sebaai pemain bertahan yang handal. Mengakhiri karirnya sebagai pemain bersama CSA pada 1982 dan mulai menjadi pelatih.

AWAL MELATIH
* Melatih beberapa klub kurang terkenal, di antaranya Brasil de Pelotas, Juventude dan Criciuma. Juga bekerja di klub lain termasuk Gremio dan Goias, dan menikmati tugas di Kuwait dan Arab Saudi.
Memenangi piala nasional pertama kali pada 1991, Copa Brasil, ketika melatih Criciuma.

* Mulai dikenal sebaga pelatih bagus di Brazil, ketika menangani Gremio memenangi Copa Brasil pada 1994, PIala Amerika Selatan Libertadores pada 1995 dan Kejuaraan Brazil pada 1996. Gremio dikritik karena gaya bermain kasar.

* Melatih Palmeiras selama 1997-2000 dan memenangi Copa Brasil pada 1998 serta Piala Libertadores tahun berikutnya.

KONTROVERSI
* Hingga sekarang Scolari dianggap sebagai pelatih kondang Brazil bersama Vanderlei Luxemburgo. Tapi ia dikritik karena taktik tangan kasar yang diterapkan timnya, serta memiliki temperamental tinggi.

* Dalam salah satu wawancara, ia mengkritik pemainnya karena tidak melakukan banyak kesalahan.
JUARA PIALA DUNIA

* Pada Juni 2001, Scolari menjadi pelatih keempat Brazil tahun ini. Ini diawali dengan rasa malu ketika tersingkir di kompetisi Copa America oleh Honduras. Tapi kendari kalah 1-2 atas Argentina di babak penyisihan, mereka maju ke final Piala Dunia 2002 dan berhasil memboyong pialanya.

* Ia mundur usai turnamen itu dan menjadi pelatih Portugal tiga bulan berikutnya.

* Ia mambwa Portugal di babak final Euro 2004 di Lisbon tap i tuan rumah dengan mengejutkan kalah atas Yunani. Portugal kemudian berada di urutan keempat pada Piala Dunia 2006.

* Watak keras Scolari meledak di penyisihan Euro 2008 ketika melawan Serbia dan ia mengarahkan pukulannya kepada Ivica Dragutinovic setelah merasa didorong pemain itu.

* Membawa Portugal lolos ke babak final Euro 2008 di Austria dan Swiss.

PELATIH DOMESTIK
* Kendati Portugal masih terlibat dalam Euro 2008, Scolari sudah diminta menjadi pelatih tim Liga Utama Inggris Chelsea pada 11 Juni.

* Dikritik dalam pemilihan pemain tim, Chelsea yang dilatih Scolari kandas pada babak awal Piala Liga dan terpaut tujuh poin dengan juara Liga Utama Manchester United. Ia dipecat pada Februari 2009.

* Scolari mengantikan rekannya dari Brazil, Zico, sebagai pelatih Bunyodkor, dan bergabung lagi dengan pemain depan Rivaldo yang merupakan bagian dari anggota pemain tim pemenang Piala Dunia 2002 Brazil.

* Pada Juni 2010, Scolari kembali ke Brazil melatih Palmeiras. Dua tahun kemudian, ia memenangi Copa Brasil tapi timnya amat mempriohatinkan dalam laga liga, sehingga ia mundur.

* November 2012, Scolari terpilih lagi sebagai pelatih tim nasional Brazil dan akan menangani tim itu hingga kompetisi Piala Dunia 2014.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Reuters
Beramallah kamu sekalian, karena beramal akan merubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukanNya padamu(HR Bukhori-Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Tanggapan Din Syamsudin Terkait Kasus Sydney
JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsudin menilai peristiwa penyanderaan di Sydney meningkatkan sinisme terhadap Islam. Peristiwa tersebut membuat dunia barat semakin...